Ini Dia Proyek-proyek yang Disusulkan di Musrenbang Kecamatan Senayang

Loading...

Suarasiber.com – Musyawarah perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Senayang berlangsung Senin (15/2/2021 di Gedung Pertemuan Kecamatan Senayang.

Berbagai usulan proyek dibahas di sini, mulai dari kapasitas listrik di desa yang belum memadai, belum merata jaringan komunikasi dan belum tersedianya akses internet yang baik.

Selain itu juga dibahas kurangnya daya saing masyarakat dalam sektor perikanan tangkap.

Peserta yang hadir juga diperdengarkan usulan pembangunan jalan dan jembatan di Pulau Sebangka. Selama ini masyarakat di pulau ini menggunakan jalan dan jembatan yang seadanya.

Masih di Pulau Sebangka, masyarakat juga menginginkan adanya transportasi reguler antarpulau.

Musrenbang ini bertemakan Percepatan Pembangunan Berkualitas menuju Masyarakat Sejahtera, Berdaya Saing dan Berbudaya.

Menghadiri kegiatan ini adalah perwakilan DPRD Kabupaten Lingga Dapil I dan II, Polres Senayang, Babinsa Senayang, Kepala OPD beserta pejabat eselon III dan IV, Camat Senayang, MUI Kecamatan Senayang, Kepala Desa dan BPD se-Kecamatan Senayang, RT, RW dan Tokoh Masyarakat.

Camat Senayang Kimat Awal berharap Musrenbang dapat menjadi wadah dan sarana diskusi untuk arah perencanaan pembangunan yang lebih baik, khususnya di Kecamatan Senayang.

Sementara masukan dari anggota DPRD Lingga Dapil II, Sui Hiok, Musrenbang hendaknya menjadi wadah bertemunya masyarakat dan pemerintah.

Ia mengajak para pejabat untuk sesekali turun ke lokasi untuk menyaksikan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian OPD bisa merumuskan kebijakan yang tepat terhadap pembangunan yang prioritas.

“Musrenbang jangan hanya menjadi seremonial, tapi harus diniatkan oleh masing-masing OPD ini,” ujarnya.

Porsi untuk daerah terpencil juga diharapkan Sui Hiok seyogyanya diprioritaskan. Usulan untuk daerah tersebut tidak hanya diakomodir secara administrasi, namun ia berharap bisa terealisasi.

Sepertinya biasanya selesai menyampaikan usulan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dan tanggapan dari masing-masing OPD terkait. (mat)

Loading...