Pemilihan Ketua RT 2/VII Bangunrejo, Kotak Suara Dibawa Keliling Rumah Warga

Loading...

Suarasiberdotcom – Hari ini, Minggu (20/12/2020) sekitar 230 warga RT 2 RW VII Kampung Bangunrejo, Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur menggelar pemilihan ketua RT periode 2021 – 2025.

Karena dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19, pemilihannya berlangsung cukup unik.

Panitia yang terdiri dari saksi dan petugas lain membawa kotak suara dari rumah ke rumah. Mereka juga membawa surat suara lengkep dengan paku dan bantalannya untuk pencoblosan.

Kotak suara yang dibawa keliling diantarkan petugas disertai saksi. Foto – suarasiber

Ada dua calon ketua RT yang berlaga kali ini, yakni Ariyantono Hedi nomor urut 1 dan Edwar Supratman nomor urut 2. Kartu suara yang diberikan ke warga yang berhak memilih bentuknya mitip surat suara di Pilkada, ada foto warna dua calon serta keterangan di bagian atas dan nama di bagian bawah.

Ada 7 saksi dan petugas lain yang berkeliling untuk 7 area yang sudah ditetapkan pada rapat sebelumnya.

Munculnya nama Ariyanto dan Edwar merupakan hasil rapat warga yang dilaksanakan di rumah Edwar yang dalam pemilihan ini merupakan calon petahana.

Pemilihan ketua RT dengan cara seperti ini menghindari warga berkerumun di tempat pemilihan (TPS).

“Selain itu meminimalisir warga untuk tidak memilih karena kami datangi,” ujar Widodo yang membawa kotak suara disertai Muji, yang tugasnya untuk area Perumahan Taman Lembah Hijau.

Rangkaian pemilihan Ketua RT 2/VII Kampung Bangunrejo, Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur dipusatkan di SDN 006 Tanjungpinang Timur. Foto – wa grup

Keduanya mengenakan masker saat berkeliling. Setelah pemilih melaksanakan pencoblosan, surat suara dilipat lalu dimasukkan ke kotak suara yang juga ditulisi nama area pemilihan.

Untuk pemilihan ketua RT ini, satu kepala keluarga (KK) diwakili satu orang saja. Syarat warga yang boleh memberikan suaranya ialah mereka yang sudah mengantongi KTP RT 2 RW VII Kampung Bangunrejo.

Cara demokratis di masa pandemi yang menginspirasi, demikian komentar beberapa warga.

Rangkaian pemilihan ketua RT ini dipusatkan di SDN 006 Tanjungpinang Timur. Selain petugas dan saksi yang keliling, petugas lain ada di basecamp untuk menunggu pengumpulan surat suara, lalu menghitungnya untuk mengetahui siapa yang terpilih.

Saat berita ini ditulis, proses pemilihan masih berlangsung. (mat)

Loading...