free page hit counter

Hari Santri 22 Oktober 2020, Kemenag Gelar Upacara Bendera

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Kementerian Agama (Kemenag) RI merencanakan menggelar upacara bendera serentak peringatan Hari Santri 2020, Kamis (22/10/2020) besok. Ada juga zikir, doa dan salawat.

Tahun ini Kemenag mengusung tema ‘Santri Sehat Indonesia Kuat’. Salah satu harapannya agar santri dan masyarakat Indonesia dan dunia segera dijauhkan dari Covid-19.

Tema tersebut, kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid diharapkan dapat memberi motivasi bagi anak-anak santri untuk tetap menjaga kesehatannya dan tetap melaksanakan protokol kesehatan agar pondok pesantren itu benar-benar menjadi tempat yang aman bagi para santri.

“Pelaksanaan pun bisa dilakukan secara virtual untuk menjaga kesehatan santri dan pengasuh ponpes,” kata Zainut seperti dikutip dari laman resmi kemenag.go.id, Rabu (21/10/2020).

Ditambahkan dia, santri berpesan besar dalam perjuangan kemerdekaan, karenanya Hari Santri wajib diperingati tiap tahunnya. Menurutnya, resolusi jihad yang kemudian melahirkan pertempuran 10 November 1945 di Surabaya adalah kontribusi nyata santri bagi kemerdekaan Indonesia.

“Pemberian gelar waliyyul amri ad-dlaruri bi al-syaukah kepada Presiden Soekarno pada 1954 juga adalah kontribusi santri,” kata Zainut.

Kemudian, kata Zainut, para santri juga berperan dalam membimbing praktik keagamaan di tengah masyarakat. Banyak santri yang memimpin komunitas paling kecil di masyarakat, mulai dari imam musala dan masjid, pimpinan majelis taklim, dan lainnya.

Sementara Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani menyatakan bahwa rangkaian program Hari Santri 2020 berlangsung sejak 30 September hingga 22 Oktober esok.

Agenda yang sudah ditetapkan ialah Santri Millennials Competitions, Muktamar Pemikiran Santri, Kopdar Akbar Santrinet Nusantara hingga Shalawat Creator and Influencer Summit digelar Kemenag dalam meramaikan Hari Santri 2020. (mat)

Loading...