15 Oktober Hari Cuci Tangan Sedunia, Bukan karena Corona Lho

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Setiap tanggal 15 Oktober warga sedunia memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia. Tetapi tahukah Anda jika Hari Cuci Tangan Sedunia bukan karena virus corona.

Istilah yang sering dipakai untuk menyebutnya ialah Global Handwashing Day. Pada hari ini warga dunia diingatkan untuk rajin mencuci tangan dengan air dan sabun guna mencegah penyakit dan mengurangi angka kematian.

Dituliskan oleh CDC, mencuci tangan dengan sabun dan air merupakan langkah efektif untuk mengindari penyakit dan penyebaran kuman. Apalagi saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19.

Hari Cuci Tangan sedunia diprakarsai oleh Global Handwashing Partnership yang dulunya bernama Global Public-Private Partnership for Handwashing (PPPHW) pada 2008. Awalnya lembaga ini ingin mendidik masyarakat untuk terus mencuci tangan menggunakan sabun.

Naga-naganya, tanggal 15 Oktober ditetapkan sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia. Penetapan berlangsung melalui Annual World Water Week yang berlangsung pada 17-23 Agustus 2008 di Stockholm.

Diterangkan di Global Handwashing Day, Hari Cuci Tangan Sedunia dirayakan pertama kali tahun 2008. Sejak saat itulah didukung oleh pemerintah, LSM, sekolah, lembaga internasional, organisasi masyarakat sipil, perusahaan, dan lainnya. (mat)

Loading...