Puasa Senin Kamis, Niat, Keutamaan, Tata Cara dan Manfaatnya

Loading...

Manfaat Puasa Senin Kamis

Senin Kamis banyak memberikan manfaat.

Puasa hari Senin dan kamis juga bisa mendatangkan manfaat bagi siapa yang menjalankannya. Diantaranya sebagai berikut:

Terhindar dari Godaan Setan

Puasa sunah seperti Senin Kamis menghindatrkan dari godaan setan.

Berpuasa memberikan sebuah manfaat. Yang pertama ialah mampu menahan diri seseorang untuk tidak mempan ajakan setan yang sudah pasti menyesatkan. Jiwa orang berpuasa Senin Kamis akan terjaga jika tulus ikhlas menjalaninya karena Allah semata.

Dengan begitu, akan dapat menurunkan risiko pengaruh-pengaruh jahat dari setan. Seperti diketahui bersama, setan selalu datang kala manusia senag atau sedih. Dan orang berpuasa adalah salah satu objek yang akan digoda setan.

Meningkatkan Amalan

Puasa mandorong seseorang menjalankan ibadah lebih rajin,

Dengan melakukan ibadah puasa, Anda akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah. Selain ibadah juga amalan lain yang mendatangkan kebaikan dan pahala dari Allah yang Maha Pemberi.

Ibadah ini juga berpotensi membuat hatimu simpati kepada warga yang kondisinya lebih rendah. Mereka yang miskin akan membuat Anda terasa lebih baik dan bersyukur. Lalu muncul dorongan dalam hati untuk kemudian membantu mereka.

Belajar Disiplin

Puasa mengajarkan seseorang disiplin waktu.

Berpuasa Senin-Kamis juga dapat membantu seorang muslim yang menjalankannya menjadi lebih disiplin dalam segala hal yang dilakukan setiap harinya.

Hal itu karena, saat berpuasa Anda akan merasa diperhatikan dan diawasi terus oleh Allah SWT sehingga mendorongmu untuk selalu mawas diri dan berhati-hati dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Menyehatkan Tubuh

Dengan berpuasa, raga juga ikut merasa sehat.

Melakukan ibadah puasa dapat menyehatkan tubuh, hal tersebut sering dibuktikan secara medis bahwa puasa dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh.

Melakukan puasa juga dapat mengistirahatkan sistem pencernaan yang selalu melakukan tugas setiap harinya. Saat berpuasa, mereka akan istirahat dan memulihkan energi kembali.

Menguatkan Jiwa

Dengan berpuasa sunnah maka jiwa akan lebih kuat dan lebih peduli sesama.

Menjalankan puasa, baik itu puasa wajib atau pun puasa-puasa sunnah dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang.

Manfaat berpuasa juga dapat membantu dalam melatih kesabaran, menguasai diri, melatih diri dalam meredam hawa nafsu, serta dapat meningkatkan kemauan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT

Begitulah hal-hal penting yang wajib Anda ketahui dari Puasa Senin Kamis. (mat)

Loading...