Hore… Blokir Netflix Akhirnya Dibuka Telkom Group

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Setelah empat tahun memblokir akses Netflik untuk pelanggannya di Indonesia, akhirnya Telkom Group membuka blokirnya. Kabar gembira pada Selasa (7/7/2020) ini tentu menggembirakan pelanggan Netflix.

Menilik ke belakang, Netflix pertama kali menyapa pelanggannya di Indonesia pada 7 Januari 2016 silam. Ada 130 negara lain yang juga bisa mengakses layanan video streaming tersebut.

Namun tak sampai sebulan, Telkom Group melakukan pemblokiran, tepatnya 27 Januari 2016 dini hari. Netflix tak bisa diakses lewat jaringan Indihome, Wifi.id dan Telkomsel.

Dengan dibukanya blokir itu, kini pelanggan IndiHome, Wifi.id dan Telkomsel tidak perlu menggunakan VPN untuk menonton berbagai tayangan Netflix.

Alasan pemblokiran terhadap Netflix tak lepas dari komitmen Netflix, seperti konten serta pembatasan akses agar tayangannya tidak bisa ditonton semua umur. Netflix juga harus menyediakan mekanisme penanganan keluhan pelanggan.

Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo mengatakan pihaknya mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia. Oleh karena itu diberikan kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengaksesnya.

Netflix turut menyepakati komitmen kepatuhan pada “Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN”. Salah satu kesepakatannya adalah untuk tidak menayangkan konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) serta yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menyebutkan, terhitung mulai 7 Juli 2020, pelanggan produk Telkomsel dapat mengakses layanan aplikasi Video on Demand (VOD) Netflix menggunakan jaringan broadband Telkomsel.

“Bisa dinikmati baik prabayar maupun pascabayar,” ujarnya dalam rilis tertulis Selasa (7/7/2020).

Sedangkan Communication Manager Netflix Kooswardini Wulandari, mengaku senang atas pembukaan blokir itu. Pihaknya berjanji memberikan layanan terbaik bagi seluruh penggemar hiburan di Indonesia. Termasuk menambahkan lebih banyak film-film Indonesia. (man)

Loading...