Masih Pandemi, Menag Fachrul Razi Imbau Salat Id di Rumah dengan Keluarga Inti

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Ramadan 1441 H/2020 M yang dilaksanakan berbeda dengan Ramadan sebelumnya juga akan dialami Idul Fitri.

Jika selama Ramadan salat tarawih di rumah, Menteri Agama Fachrul Razi pun mengimbau agar umat Islam di Indonesia melaksanakan salat Idul Fitri di rumah.

“Saya imbau umat Islam menjalankan Salat Id di rumah bersama keluarga inti. Ini bagian dari empati dan komitmen kita sebagai umat beragama, dalam penanganan COVID-19,” pesan Menag di Jakarta, diumumkan melalui laman kemenag.go.id, Rabu (13/5/2020).

Ditegaskannya, salat Id jangan ditinggalkan, namun diselenggarakan bersama keluarga di rumah. Hal ini sesuai teladan Rasulullah SAW yang tidak pernah meninggalkan salat Id.

Menag berharap para ulama, termasuk MUI, dapat terus memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang hukum fikih Islam dan tata cara Salat Idul Fitri yang merupakan Sunnah Muakkadah, yaitu, sunnah yang sangat dianjurkan.

“Mari kita sambut kehadiran Idul Fitri 1441 H dengan suka-cita dan bahagia, karena itu adalah hari kemenangan dan hari kembalinya kita ke fitrah yang suci. Mari berbagi kepedulian kepada yang memerlukan, agar mereka juga dapat berlebaran seperti kita semua,” pesannya. (man)

Loading...