Hasil Sidang Isbat, 1 Syawal 1441 H Ditetapkan Minggu 24 Mei 2020

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Hasil sidang isbat penentuan 1 Syawal 1441 H yang berlangsung Jumat (22/5/2020) pukul 16.45 – 19.20 WIB disampaikan Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi. Disepakati jika lebaran Idul Fitri tahun 2020 jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020.

Hal ini ditetapkan setelah melewati pemantaun hilal yang dilalukan di sejumlah titik wilayah di seluruh Indonesia. Hasilnya hilal masih di bawah ufuk bahkan masih minus 4 derajat.

“Ketinggian hilal di seluruh Indoneia di bawha ufuk, antara minus 5 derajat dan minus 3 derajat,” ujar Menteri Fachrul dari Gedung Kementarian Agama Jalan MH Thamrin No 6, Jakarta..

Disampaikan oleh Menag, kegiatan penentuan 1 Syawal dilakukan menggunakan dua cara, Hisab dan Rukyat. Dua-duanya sama-sama belum melihat adanya hilal.

Dari sebuah tayangan televisi yang disaksikan suarasiber, Menag Fachrul menjelaskan jika dua metode bukanlah dua cara yang saling dibenturkan. Melainkan keduanya bersifat saling melengkapi.

Sidang Isbat diawali dengan paparan posisi hilal oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama. Kemudian dilanjutkan dengan Sidang Isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama dan dihadiri unsur MUI, DPR RI, serta Pejabat Kementerian Agama.

Perwakilan Ormas Islam dapat mengikuti melalui webinar yang telah disiapkan pada pukul 18.15 WIB.

Terakhir, hasil sidang isbat diumumkan melalui telekonferensi. Pada bagian akhir, Fachrul menambahkan informasi jika 1 Syawal 1441 Hijriyah di Saudi Arabia juga jatuh pada 24 Mei 2020. (man)

Loading...