Harta Kim Jong Un Disebut-sebut Capai Rp75 Triliun

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pemimpin Kore Utara Kim Jong Un diisukan meninggal dunit. Sebagai orang nomor satu di negara yang sangat tertutup dari dunia luar, apakah dia memiliki harta yang cukup banyak?

Celebritynetworth.com, Minggu (26/4/2020) melansir jumlah harta kekayaan Kim. Nilainya disebut mencapai US$ 5 miliar atau berkisar Rp75 triliun dengan kurs Rp15 ribu per dolarnya.

Dari mana uang sejumlah itu diketahui? Rupanya berdasarkan investigasi gabungan yang dilakukan Korea Selatan dan Amerika Serikat pada Maret 2013 lalu.

Kedua telik sandi negara tersebut menemukan aset dan rekening bank dikendalikan oleh Kim Jong Un dan keluarganya.

Terdapat 200 rekening untuk menyimpan aset-aset tersebut. Tersebar di berbagai bank di beberapa negara, mulai dari Austria, Lichtenstein, Rusia, Singapura, China, Swiss, hingga Luksemburg.

Ada 100 mobil mewah yang dikabarkan milik Kim, didominasi merek-merek Eropa. Selain mobil Kim juga dikabarkan memiliki 20 istana dan rumah besar di beberapa penjuru Korea Utara.

Masih ada lagi? Kim, berdasarkan investigasi tersebut juga memiliki satu jet pribadi dan kapal pesiar mewah. Gaya hidupnya juga tak luput dari investigasi, yang disebut-sebut suka menghabiskan sebagian besar waktunya di sebuah pulau pribadi yang terletak di lepas pantai Korea Utara. (man)

Loading...