5 Cara Terbaik dan Mudah Mencegah Tertular Virus Covid-19

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Masker kini jadi barang wajib yang harus dikenakan saat keluar rumah. Agar, tidak tertular dengan virus corona (covid-19).

Wabah yang hingga, Selasa (7/4/2020), telah menjangkiti 1.347.892 orang di seluruh dunia, dan menyebabkan 74.808 orang meninggal dunia.

Sebagaimana dilaporkan situs Universitas Johns Hopkins. Data tersebut nyaris identik dengan yang dirilis situs worldometer.

Besarnya angka orang yang terjangkit virus dan yang meninggal dunia, membuat badan kesehatan dunia (WHO) menganjurkan semua orang mengenakan masker. Baik orang yang sehat, apalagi orang yang sakit.

Selain mengenakan masker, sejumlah pihak juga terus menggalakkan penyemprotan massal cairan disinfektan. Meski, WHO tak pernah merekomendasikan penyemprotan massal.

Penyemprotan yang dianjurkan WHO, adalah di permukaan atau tempat yang mungkin terpapar deoplet dari cairan ludah, bersin atau batuk.

Dan, droplet itu dapat terpegang atau tersentuh tangan orang lain. Sehingga, bisa membuat orang itu terpapar karena tangannya menyentuh wajahnya.

Anjuran penyemprotan dari WHO ini terkait dengan pencegahan penularan virus corona.

Selain dengan penyemprotan disinfektan di permukaan atau tempat khusus itu, ada cara pencegahan lain yang bisa dengan mudah dilakukan setiap individu.

Sebagaimana disimpulkan dari konfirmasi suarasiber.com dengan Dr H Eddy Sobri, Sp.Pd pimpinan BLUD RSUD Kota Tanjungpinang:

Wajib memakai masker saat keluar rumah

Masker wajib dikenakan, baik dalam keadaan sehat atau sakit. Agar, wajah terhindar dari kemungkinan terkena percikan ludah orang sehat atau orang sakit. Dan, saat lawan bicara yang sehat atau sakit, droletnya tertahan di maskernya.

Cuci tangan

Cuci dan membersihkan tangan sesering mungkin. Apalagi, jika sudah memegang sesuatu di luar rumah dan dipakai bersama.

Gunakan handsanitizer untuk mencuci dan membersihkan tangan. Atau, cuci menggunakan sabun dengan air yang mengalir.

Sepatu dan sandal taruh di luar rumah

Bekerja, berlajar dan beribadah di rumah. Namun, jika harus keluar rumah karena sesuatu keperluan penting. Maka, setelah kembali ke rumah dan sebelum masuk rumah lepaskan sepatu atau sandal di luar rumah.

Segera rendam pakaian yang dikenakan dengan sabun

Jika kembali dari aktifitas penting di luar rumah, segera rendam pakaian yang baru dikenakan dengan sabun (deterjen).

Mandi dan keramas

Setelah masuk rumah, merendam pakaian yang dikenakan dengan deterjen, segeralah mandi dan keramas. Setelah itu baru boleh melakukan aktifitas dlm rumah.

“Itu yang afdolnya,” kata dr H Eddy Sobri Sp.PD. (mat)

Loading...