Begini Etika Batuk yang Benar, Bro

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pasti Anda pernah tiba-tiba ingin batuk, padahal sedang rapat dengan pimpinan. Atau tengah duduk santai dengan teman-teman seperjuangan.

Lalau, apa yang harus Anda lakukan? Langsung batuk begitu saja tanpa merasa bersalah atau harus bertindak apa? Sejatinya, ada batuk yang mengandung bakteri yang bisa menular ke orang lain.

Untuk itu, dibutuhkan pemahaman bagaimana batuk di depan banyak orang. Dibaca suarasiber.com dari Instagram Kementerian Sekretaria Negara, Senin (9/3/2020), berikut tata cara batuk yang benar.

Saat ingin batuk sudah tak bisa ditahan, tutuplah hidung dan mulut dengan tisu. Kalau kebetulan letak tisu agak jauh sementara batuk sudah di ambang mulut, angkat lengan tangan kanan Anda. Tutuplah mulut dan hidung dengan baju lengan atas bagian dalam.

Mengapa demikian? Supaya bakteri tidak menyebar ke udara dan tidak menular ke orang lain. Hal ini juga berguna untuk mencegah penyebaran suatu penyakit secara luas melalui udara bebas (Droplets) dan membuat ketidaknyamanan pada orang di sekitarnya.

Droplets tersebut dapat mengandung kuman infeksius yang berpotensi menular ke orang lain disekitarnya melalui udara pernafasan. Penularan penyakit melalui media udara pernafasan disebut “air borne disease”. (mat)

Loading...