4 Hal yang Dilakukan Orang Tua Saat Anaknya Bertengkar

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sebagai orang tua pasti pernah entah sekali dua kali anak Anda bertengkar dengan temannya saat bermain. Biasalah anak-anak, entah apa penyebabnya pun kadang membuat orang tua geleng-gelang kepala.

Bagi orang tua, berikut ini ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika menghadapi anaknya bertengkar dengan temannya yang lain.

Informasi edukasi ini suarasiber.com lansir dari Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, selengkapnya sebagai berikut:

Menyalahkan Anak Lain

Mencari mana anak yang melakukan kesalahan ketika terjadi pertengkaran bukanlah solusi yang tepat, karena pada dasarnya mereka melakukan kesalahan bukanlah dengan unsur kesengajaan, melainkan hanya disebabkan oleh pola pikir mereka yang masih kekanak-kanakan.

Membela Anak di Hadapan Orang Lain

Membela anak ketika bertengkar hanya akan menyebabkan anak merasa dirinya memiliki pembela dan selanjutnya merasa aman dan berlindung untuk mengulangi kesalahan yang sama.

Menimbulkan Permusuhan di Hati Anak

Jangan ikutan untuk mengucapkan kalimat negatif tentang musuh anak. Orang tua yang bijak harus mempu menenangkan hati anak, bukan semakin menimbulkan rasa benci pada diri anak.

Meminta PertanggungJawaban Orang Tua Musuh Anak

Tidak penting untuk menuntut pertanggungjawaban pada orang tua lawan anak jika hanya pertengkaran kecil diantara mereka.

Tugas sebagai orang dewasa harusnya menciptakan perdamaian di antara anak, bukan memperkeruh suasana keadaan dengan menyerang balik orang tua lawan anak.

Semoga bermanfaat ya Bunda. (mat)

Loading...