Pesona Gamelan Jawa Sihir Pengunjung New Zealand Festival

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Indonesia memiliki budaya yang diakui berbagai negara asing. Bahkan pada pembukaan New Zealand Festival di Porirua, Wellington, Selandia Baru (22/02/2020), penampelan gamelan Jawa mendapatkan apresiasi yang cukup tinggi.

Gamelan Jawa ini dimainkan oleh perwakilan berbagai institusi, memainkan lagu atau tembang Soran, Mantram, lagu dolanan Gambang Suling dan Perahu Layar.

Mereka yang berkolaborasi ialah KBRI Wellington, New Zealand School of Music yang mempunyai komunitas Gamelan Jawa (Padhang Moncar), Victoria University of Wellington yang mempunyai komunitas Gamelan Bali (Taniwha Jaya) dan Komunitas Masyarakat Indonesia di Wellington (Kamasi).

Dilansir dari laman Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Rabu (26/2/2020), pada New Zealand Festival 2020, Padhang Moncar juga akan memberikan workshop selama 4 hari tanggal 25-29 Februari 2020. Workshop diikuti oleh puluhan pelajar SMA di Porirua.

Para peserta workshop gamelan akan mengiringi pelatihan gerak oleh Helmy dan Eri dari Teater Ruang Solo yang sedang berada di Wellington untuk pentas di New Zealand Festival.

Padhang Moncar dan Taniwha Jaya merupakan komunitas gamelan binaan KBRI Wellington. Kedua komunitas sangat gencar dan aktif mengembangkan gamelan melalui workshop dan berpartisipasi pada event budaya di Selandia Baru. (man)

Loading...