Mengatasi Error Breadcumb di Blogger

Loading...

masnunung – Belakangan ini banyak sekali pertanyaan di forum yang menanyakan bagaumana mengatasi error breadcumb pada Blogger. Peringatan ini akan muncul di email yang digunakan untuk mendaftar Blogger, dan detilnya bisa ditemukan di Google Webmaster Tool yang terkait dengan email tadi.

Error breadcumb itu apa? Sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya kita memahami apakah breadcumb itu? Breadcrumb adalah perangkat bantu navigasi yang memungkinkan pengunjung untuk memahami lokasi mereka saat ini dalam konteks sebuah website.

Atau dengan kata lainnya ialah breadcrumbs ini dibuat untuk menyempurnakan navigasi pada blog seperti homepage, kategori, tag, dan juga arsip pada website ataupun blog.

Breadcrumb menunjukkan navigasi sederhana dari panel home ke kategori tulisan hingga menuju judul tulisan yang ada pada website atau blog.

Notifikasi error breadcumb ini biasanya bunyinya seperti ini:

Breadcumb masalah terdeteksi di (nama web atau blog Anda).

Lalu di bawahnya isi peringatan, menuliskan search console (Webmaster Tools) telah mengidentifikasi bahwa situs Anda terpengaruh oleh (ada angkanya atau jumlah) breadcum masalah.

Peringatan Teratas

Peringatan merupakan saran untuk penyempurnaan. Sebagian peringatan dapat meningkatkan tampilan Anda di penelusuran, sebagian lagi dapat menjadi error di masa mendatang. Peringatan berikut ditemukan di situs Anda.

data-vocabulary.org schema deprecated

Sebaiknya perbaiki masalah tersebut jika memungkinkan agar situs Anda dapat memberikan cakupan dan pengalaman terbaik di Google Penelusuran.

Di bawahnya ada kotak biru bertuliskan Perbaiki Bredcumb Masalah.

Bingung menerima pesan yang seolah-olah menakutkan tersebut? Bagi para Blogger, termasuk juga yang menggunakan template Viomagz besutan Mas Sugeng, ada baiknya mengikuti petunjuk yang diberikan oleh pembuat templatenya sendiri. Artikel ini dilansir dari masnunung.com

Obati Error Breadcumb

Jangan lupa, copy kode atau script di bawah ini secara lengkap atau utuh lalu pastekan di Notepad. Silakan klik di bawah ini untuk mendapatkan kodenya:

  1. Pertama kali yang harus dilakukan ialah login ke akun blog yang ingin diatasi masalah breadcumb-nya.

2. Selanjutnya silakan menuju menu Tema dan pilihkah Edit HTML.

3. Setelah itu temukanlah kode atau script seperti di bawah ini:

4. Jangan mencarinya secara manual dengan memelototinya bari per baris, bisa dua hari dua malam nggak ketemu hehe. Atau sebenarnya ketemu tetapi terlewati sehingga begitu sampai bawah, kok nggak ada ya?

Silakan tempatkan kursor di mana saja di dalam halaman kode tadi. Tekan tombol Ctrl + F, maka akan muncul kotak pencarian. Pastekan script di bawah angka 3 di atas, yang bagian depan saja tak usah sampai akhir.

5. Selanjutnya tekan enter, maka kursor secara otomatis akan mengeblok kode yang kita cari. Setelah ketemu, tandai kode tadi agar nggak lupa tempatnya.

6. Saatnya membuka Notepad tempat Anda paste script sebelum langkah 1 di atas. Pilih semuanya dari awal sampai akhir, lalu copy.

7. Pastekan pada bekas tempat kode lama yang sudah Anda tandai atau hapus.

8. Langkah terakhir ialah simpan tema dan selesailah mengatasi error breadcumb pada Blogger.

Demikian tips mengatasi error breadcumbs pada Blogger dari Mas Sugeng. Semoga bermanfaat dan masalah ini tak lagi mengganggu aktivitas Anda saat ngeblog. ***

Loading...