Tim Ahli UGM Dampingi RPJMD Kepri 2021 – 2024

Loading...

YOGYAKARTA (suarasiber) – Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barenlitbang) tengah mempersiapkan Perencanaan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kepri 2021-2024.

“Pihak Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menjadi Tim Ahli dan Pendamping Pemrov Kepri dalam Penyusunan Background Study, Penyusunan Perencanaan Teknokratik RPJMD, Ranwal RPJMD dan Draf RPJMD 2021-2024 sampai Pengesahan Ranperda RPJMD Kepri,” kata Kepala Barenlitbang Kepri, Naharuddin MTP, di Kampus UGM, Yogyakarta Selasa (21/1/2020).

Rancangan Teknokratik RPJMD ini merupakan Naskah Akademik yang berisi kajian ilmiah terhadap kondisi, potensi, masalah dan isu-isu strategis yang dihadapi Kepri ke depan.

Pertemuan Nahar dengan UGM dipimpin Ketua Program Doktor Administrasi Publik, Prof. Dr. Wahyudi Kumorotomo, MPP. Dari pertemuan itu, kata Nahar, akan dilakukan penandatanganan memorandum kesepahaman antara Pemprov Kepri dan UGM.

“Insya Allah Pak Plt Gubernur dan Rektor UGM akan menandatangani naskah MoU awal Februari nanti di Balairung Kampus UGM,” tambah Nahar.

Menurut Nahar, dokumen Perancangan Teknokratik RPJMD ini sangat penting dan harus selesai sebelum penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih. Awal 2021, semuanya harus selesai sesuai dengan Visi dan Misi Gubernur terpilih.

Memang saat ini, kata Nahar, terus dilakukan penggalian isu strategis dari setiap OPD. Sehingga semua program terukur untuk pencapaian visi misi gubernur terpilih.

“Intinya untuk mewujudkan pembangunan di Kepri yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Nahar

Penyusunan Perencanaan Teknokratin RPJMD ini merupakan amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Rencana itu dikoordinasikan, disinergikan dan diharmonisasikan oleh perangkat daerah yang membidangi perencanaan pembangunan daerah. Semuanya harus dalam satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional. (mat)

Loading...