Stiker Kaca Mobil Agar Kendaraan Lebih Keren

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Stiker kaca mobil sudah bukan hal baru di Indonesia. Sejumlah orang pun tak ragu-ragu lagi memasang stiker di kaca kendaran mereka. Seperti apa sebenarnya pembuatan stiker ini?

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita perjelas jika stiker kaca mobil bukan kaca film mobil. Melainkan tulisan atau gambar atau perpaduan keduanya yang dipasang di kaca mobil. Bisa kaca depan, belakang bahkan samping.

Helmi, tukang desain dan pasang stiker di Inilah Sticker (reborn of Bintan Wrapping) memberikan pemahaman soal itu. Menurutnya, ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat stiker kaca mobil.

“Bahannya bisa reflektif, vinyl untuk jenis cutting. Ada juga printing,” tutur lejang yang melayani konsumen di tokonya, Jalan Seijang, Kecamatan Bukit Bestari, Tanjungpinang, Kepri ini, kemarin.

Stiker cutting ialah teknik pembuatan stiker menggunakan mesin cutting. Polanya didesain dahulu di komputer, disesuaikan ukurannya kemudian bahan stiker dipotong dengan mesin.

stiker kaca mobil happy family
Model terbaru stiker happy family seperti ini, polanya menyerupai bentuk manusia bukan kartun. Foto – Instagram.com/stickersiluet

Ada kesalahpahaman yang selama ini terjadi, yakni soal warna stiker cutting. Untuk diketahui, warnanya menyesuaikan warna bahan bawaan pabriknya.

Hal ini berbeda dengan stiker printing, karena bahan stiker dimasukkan mesin cetak atau printer lalu gambar dibuat dengan tinta.

Ada beberapa hal yang menurut Helmi harus diperhatikan jika ingin memasang stiker kaca mobil.

  1. Pilihlah tempat yang tidak mengganggu kenyamanan berkendara. Jika di depan tidak menutup pandangan pengemudi, sementara di belakang lalu lintas tetap bisa terpantau.
  2. Berapa lama stiker tersebut akan dipasang. Jika sifatnya sementara, ada baiknya menggunakan bahan yang biasa. Sementara jika tujuannya untuk jangka waktu lama, bisa meminta bahan yang bagus.
  3. Warnanya harus eye cetching atau mencolok. Karena dipasang atau ditempelkan di kaca mobil, sebaiknya memilih warna yang kontras sehingga mudah terlihat. Kalau tulisan akan lebih mudah terbaca.
  4. Perhatikan wiper atau bilah pembersih kaca mobil. Akan lebih baik jika stiker yang dipasang tidak terkena gesekan wiper agar usianya lebih lama.

Ada banyak desain yang bisa dijadikan penghias kaca mobil. Salah satu yang masih dicari sampai haru ini menurut Helmi ialah happy family. Bentuknya kartun berbentuk manusia yang diberi tulisan seperti bunda, ayah dan nama anak.

“Sampai sekarang stiker ini masih diminati, biasa dipasang di bagian bawah kanan atau kiri kaca mobil,” terang Helmi.

Selain stiker happy famili, ada juga bentuk unik seperti kepala mengintip dan kata-kata lucu. Sejumlah kata-kata lucu yang pernah booming sebagai stiker kaca mobil ialah JDM. Oleh kreatornya, memang banyak kata-kata unik yang akan membuat siapa yang melihat atau membacanya bakal tertawa.

Namun tak sedikit yang minta dibuatkan stiker berupa tulisan. Bisa merek terkenal atau kreasi sendiri. Soal bentuknya bisa dipercayakan kepada desainer di toko stiker yang akan mengolahnya di komputer.

Inilah Stiker sendiri pindahan dari Batu 9. Di Jalan Sidorejo, Seijang, lokasinya satu deret dengan Artistik Stiker. Kedua tempat stiker ini bisa dihubungi melalui link Bintan Wrapping dan Sticker Siluet.

Informasi lengkap tentang cutting sticker dan siluet bisa dibaca di https://www.cuttingstickerupdate.com. (man)

Loading...