DPD RI Dapil Kepri Nyatakan Siap Jadi “Peluru”

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Plt.Gubernur Kepri, H.Isdianto menerima kedatangan empat orang anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Kepri di ruang kerja, Rabu (18/12) di Graha Kepri, Batam. Keempat anggota DPD tersebut meminta berbagai permasalahan Kepri dan sekaligus menyatakan diri siap menjadi “peluru” Kepri untuk ke pemerintah pusat.

Keempat anggota DPD RI Dapil Kepri tersebut yakni Ria Saptarika, Dharma Setiawan, Haripinto Tanuwidjaja dan Richard Hamonangan Pasaribu.

Tentu saja Isdianto sangat mengapresiasi tekad dan semangat para anggota DPD RI Dapil Kepri ini. Isdianto bahkan langsung memenuhi permintaan tersebut dengan memberikan secara lengkap berbagai permasalahan Kepri dalam bentuk sebuah bundelan. Bundelan itu merupakan seluruh rangkuman dari Kabupaten/Kota yang disusun oleh Bupati dan Wali Kota se- Kepri.

“Tenang saja pak DPD, nanti bapak-bapak akan saya berikan satu persatu bundelan yang berisi seluruh permasalahan Kepri yang semuanya membutuhkan penyelesaian untuk Pembangunan Kepri. Saya yakin dengan kebersamaan seperti ini, Pemerintah Daerah, DPR-RI, DPR-RI saling bantu, apapun permasalahan Kepri akan selesai,” ujar Isdianto.

Selain meminta perhatian anggota DPD RI Dapil Kepri untuk mengawal pembentukan UU Provinsi Kepulauan Riau yang semangat awalnya juga inisiastif dari DPD, Isdianto juga mengharapkan bantuan anggota DPD RI Dapil Kepri untuk pengembangan pariwisata, perikanan dan keluatan serta pertanian di Kepri.

Menurut Isdianto, ketiga sektor tersebut merupakan kelebihan Kepri yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Apabila ketiga sektor tersebut digarap maksimal, akan membuat Provinsi Kepri semakin maju dalam pembangunan dan rakyat sejahtera.

Selain itu, Isdianto juga mengemukakan tentang kendala parkir kapal yang belum selesai sampai saat ini dengan pemerintah pusat. Begitu juga dengan pembangunan estuari Dam Busung yang belum jelas secara pasti tugas dan tanggungjawab daerah maupun pusat. Juga soal telekomunikasi untuk membuka akses yang terhambat selama ini.

Selain kendala, Isdianto juga memberikan gambaran tentang beberapa kerja besar Pemprov yang telah dilakukan, diantaranya yakni memperindah Pulau Penyengat yang bekerjasama dengan Pemko Tanjungpinang. Penyengat akan dibuat nyaman dan megah dengan jalan-jalan yang luas dan wisata kuliner yang memanjakan lidah sehingga bisa membuat wisman betah di Pulau religi tersebut.

Selain itu, Isdianto juga menyampaikan rencana Pembangunan jembatan Batam-Bintan yang sudah masuk dalam Major Project RPJMN 2020-2024. Dan berbagai pekembangan Kepri lainnya.

“Masih banyak yang perlu dilakukan di Kepri ini. Tapi saya yakin akan mudah apabila kita bekerjasama seperti ini,” kata Isdianto.

Selain bersilahturrahmi, empat anggota DPD RI ini juga mentakan sikap tegas mereka kepada Plt. Gubernur Isdianto untuk membentu memperjuangkan Kepri di tingkat pusat. Sebagai lembaga representasi daerah, mereka menyebutkan harus memperjuangkan hak-hak daerah di tingkat pusat sekaligus menyelesaikan berbagai kendala yang dihadapi daerah.

“Singkatnya, sebagai anggota DPD Dapil Kepri kami harus dapat membantu pemerintah daerah mengatasi berbagai masalah yang terjadi. Pertemuan ini kami lakukan gunanya untuk menjemput langsung permasalahan Kepri dengan menemui Plt.Gubernur. Kami berterima kasih pak Isdianto respon sekali,” ujar Haripinto Tanuwidjaja anggota Komite II DPD-RI.

Penegasan yang sama juga disampaikan Dharma Setiawan yang berada di Komite II. Menurutnya, seluruh permasalahan Kepri terebut akan dibawa dan dipresentasikan dalam paripurna pada 6 Januari 2020 nanti.

Bahkan, kata Ria Saptarika yang berada di komite III, semakin banyak permasalahan yang disampaikan Gubernur dan masyarakat akan semakin bagus bagi anggota DPD karena banyak bahan dalam pembahasan nantinya.

Richard Hamonangan Pasaribu yang tergabung dalam komite I berharap komunikasi yang baik dengan Gubernur dan perangkatdaerah lainnya bisa berlanjut hingga target yang disusun tercapai. (mat)

Loading...