6 Negara Serumpun Meriahkan Kenduri Seni Melayu Batam 2019

Loading...

BATAM (suarasiber) – Pembukaan Kenduri Seni Melayu (KSM) Batam 2019 dibuka 11 Desember kemarin. Kegiatan akan berlangsung hingga 13 Desember, hari ini.

Seperti biasanya, sejumlah negara asing ikut memeriahkan acara ini. Tahun ini Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Kazakhstan dan Rusia kembali ikut memeriahkannya.

“Mereka adalah negara serumpun, sedangkan dari dalam negeri kami tampilkan beragam kesenian dari Aceh hingga Jawa,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, seperti dilansir dari kabarbatam.com.

Pada pembukaannya, tampil seniman Batam berusia 80 tahun, Mak Norah. Ia ditemani seribuan pelajar SD yang sama-sama menari jogi. Tarian khas Melayu yang dibawakan secara kolosal ini menandai dibukanya KSM 2019.

KSM merupakan agenda kebudayaan yang rutin digelar tiap tahun oleh Pemerintah Kota Batam sejak 1999. Seperti beberapa tahun terakhir, KSM ke-21 ini juga dilaksanakan sejalan dengan perayaan Hari Jadi Batam.

Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Batam, Nyat Kadir pada kesempatan ini menyampaikan selamat ulang tahun kepada Kota Batam. Ia merasa senang karena KSM tetap dipertahankan.

“Saya juga ingin menyaksikan Kenduri Seni Melayu yang sudah berusia 21 tahun. Yang pertama kali digelar setelah pertemuan negara-negara Melayu,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad didaulat membuka acara malam ini. Ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga KSM. Karena tak mudah menjaga keberlangsungan acara kebudayaan seperti ini.

Pada kesempatan yang sama, Pemkot Batam juga menyelenggarakan International Batam Expo 2019. Pameran produk usaha mikro kecil menengah dan ekonomi kreatif ini akan berlangsung hingga 15 Desember di Dataran Engku Putri. (man)

Loading...