13 Desember adalah Hari Nusantara, Baru Tahu, Kan?

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Bulan Desember memiliki sejumlah hari nasional, termasuk 13 Desember. Nah, baru tahu kan jika pada 13 Desember diperingati sebagai Hari Nusantara?

Sejumlah Instagram kementerian pun mengunggah banner tentang Hari Nusantara tersebut. Salah satunya akun Instagram resmi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, @kemenko_pmk.

Tema Hari Nusantara 2019 ialah Nusantaraku Berdaulat, Indonesia Maju. Sosialisasi Hari Nusantara tahun ini sudah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Jakarta, Selasa, 3 Desember 2019 lalu.

Dikutip dari kominfo.go.id, puncak peringatannya akan dilaksanakan di Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Pubik Kementerian Kominfo, Widodo Muktiyo menjelaskan, Hari Nusantara merupakan peringatan terhadap Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957.

Deklarasi ini merupakan pernyataan Pemerintah RI mengenai wilayah perairan Indonesia sebagai wilayah teritorial yang menyatu dengan wilayah daratan, sehingga semua perairan yang menghubungan daratan adalah bagian dari NKRI.

Sementara Wikipedia menuliskan Hari Nusantara diputuskan Melalui Keppres No.126/2001.

Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember merupakan penegasan dan pengingatan bahwa Indonesia adalah Negara Kepulauan terbesar di dunia.

Dijelaskan oleh Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary, ada banyak acara menyambut Hari Nusantara.

Rangkaian kegiatan tersebut ialah:

  • Mancing Maniak, di Perairan Padang dan Pariaman pada 7-8 Desember.
  • Maraton 5k dan 10k di Pantai Kata Pariaman pada 8 Desember 2019.
  • Nusantara Expo di Pantai Gandoriah pada 10-14 Desember 2019.
  • Hiburan Rakyat Nusantara di Pantai Gandoriah pada 10-13 Desember 2019.
  • Bakti Sosial di SDN Pauh barat Pariaman dan klinik pantai Gandoriah pada 11-12 Desember 2019.
  • Bakti Sosial Lingkungan di Desa Ampalu dan Pantai Gandoriah pada 13 Desember 2019.
  • Gala Dinner Nusantara, di Balaiurung Kediaman Wali Kota Pariaman pada 13 Desember 2019.
  • Gandang Tasa Kreasi di Pantai Gandoriah pada 14 Desember 2019 dan Acara Puncak Hari Nusantara di pantai Gandoriah pada 14 Desember 2019. (man)
Loading...