Ups… Video Langgar Lampu Merah Langsung Ketahuan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pengguna kendaraan bermotor tak bisa lagi sembarangan melanggar lampu lalu lintas di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Karena, semua terpantau jelas melalui Area Traffic Control System (ATCS) di Kantor Dinas Perhubungan Tanjungpinang.

Tak cuma memantau perilaku pengendara, petugas juga bisa menegur perilaku tidak benar melalui speaker di lampu lalu lintas itu. Misalnya, ada pengendara yang parkir di zebra cross saat menunggu lampu hijau.

Petugas melalui speaker akan memintanya mundur dari zebra cross. Karena, zebra cross digunakan untuk pejalan kaki. Hal ini disampaikan Teguh Susanto, Kabid Lalu Lintas Jalan Dishub Kota Tanjungpinang
menjawab suarasiber.com, Senin (18/11/2019).

“Dari ruangan kontrol itu, akan ketahuan semua pelanggaran di sekitar lampu lalu lintas. Termasuk, yang melanggar lampu merah atau parkir di zebra cross,” kata Teguh.

Menjawab pertanyaan di mana saja ATCS itu, Teguh, menjawab ada di sejumlah lampu lalu lintas di Kota Tanjungpinang. Khususnya, lampu lalu lintas yang padat arus lalu lintasnya. Masih mau melanggar lampu lintas?

Saat itu, suarasiber.com kebetulan juga tengah antre traffic light menyala hijau. Saat menunggu di depan pos polisi depan gerbang Bintan Centre itulah tiba-tiba terdengar suara melalui pengeras.

Tentu saja hal ini membuat pengendara sepeda motor yang berhenti melintasi batas yang ditentukan celingukan. Namun karena dari pengeras suara nyata-nyata menyebut nomor kendaraannya dengan benar, pelan-pelan ia memundurkan motornya.

“Kepada pengendara sepeda motor (petugas menyebutkan pelat nomornya) jangan lupa mengenakan helm demi keamanan berkendara,” kata suara petugas.

Dari pengamatan suarasiber, yang bersangkutan juga tampak binung. Tak ada yang menyangka jika di Tanjungpinang sudah ada teknologi ATCS diterapkan.

Sepulangnya dari Toko Buku Lotus, suarasiber pun putar balik dan di samping pos polisi tak ada satu pun petugas yang tengah berjaga.

Saat itulah para pengendara mobil dan motor menyadari tengah diawasi dari jarakl jauh. (mat)

Berikut videonya:

Loading...