Merdunya Suara Warga Kepri Ini Lantunkan Azan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Seorang warga Batam, Kepri, melantunkan azan dalam berbagai versi lalu mengunggahnya ke kanal YouTube. Warga pemilik akun ZainalPlong ini menggunggah lima jenis bacaan azan yakni Rost, Jiharka, Nahawand, Hijaz, Bayyati.

Saat suarasiber.com menghubunginya, Minggu (27/10/2019), Zainal menceritakan bagaimana ia belajar. Sejak kecil, saat masih tinggal bersama orang tuanya di Jepara, Jawa Tengah, ia sudah terbiasa dengan pelajaran sekolah umum juga madrasah.

Suatu saat, saat menginjak remaja ia merantau ke Jakarta sebagai pekerja seni. Di kota inilah ia bertemu dengan seorang qari internasional yang mengajarkan beragam jenis irama membaca Alquran. Ilmu ini diserapnya dengan mudah lantaran sejak kecil memang sudah menyukainya.

“Kebetulan bapak dan ibu saya memang ketat mengajari anak-anaknya dengan ilmu agama. Dan memang suasana kampung saya kental dengan hal-hal seperti itu, anak-anak bermainnya di musala dan mengaji,” tutur Zainal melalui ponsel.

Video azan diunggahnya dua bulan lalu. Ia tak menceritakan bagaimana proses perekaman dilakukan, namun kualitas audionya cukup bagus. Bahkan saat suarasiber mengunduhnya dan melakukan convert file dari video ke audio (MP3), masih cukup jernih untuk dijadikan ringtone atau sebagainya.

Ternyata Zainal pernah memiliki grup musik gambus. Ia dan teman-temannya bahkan menjadi langganan Pemprov Kepri saat gubernurnya masih dijabat Ismeth Abdullah.

“Biasanya kami diundang saat acara halal bihalal. Selain Pemprov juga sering diundang di Otorita Batam (sekarang BP Batam),” ujarnya.

Ingin mendengarkan merdunya suara lelaki yang juga jago mendesain taman serta eksterior dan interior perumahan, gedung, hotel atau bangunan lain ini? Anda bisa mendengarnya di tautan YouTube di halaman ini atau langsung ke kanal milik Zainal. (man)

Loading...