free page hit counter

Jangan Lupa! Ini Sejumlah Keutamaan Bulan Rabiul Awal

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Tanggal 1 Rabiul Awal 1441 Hijriyah jatuh pada Selasa, 29 Oktober 2019 kemarin. Bulan yang juga disebut maulid ini memiliki sejumlah keutamaan.

Berikut keutamaa-keutamaan bulan Rabiul Awal yang dilansir dari berbagai sumber:

Bulan Disunatkan Memperbanyak Salawat

Sebagian orang menyebut bulan Rabiul Awal dengan Maulid atau bahkan mulud, yang sering dimanfaatkan untuk memperbanyak bacaan salawat juga salam pada Rasulullah SAW.

Bulan Memperbanyak Silaturahmi

Tak sedikit umat Islam yang memanfaatkan datangnya Rabiul Awal untuk berkumpul di masjid atau musala bersama saudara muslim lainnya. Mereka mengaji, diskusi atau mendengarkan ceraha. Tujuannya tak lain untuk menanam, memupuk dan lebih menumbuhkan rasa cinta kita pada Rasulullah SAW.

Bulan untuk Mendapatkan Rahmat Allah SWT

Rahmat Allah merupakan sesuatu yang pasti didambakan setiap mukmin. Rahmat itu bisa berupa taman surga dan juga dibangkitkan bersama sama dengan orang yang masuk ke dalam golongan orang jujur, orang yang mati syahid dan juga orang saleh.

Bulan Melakukan Amal Kebaikan

Bulan Rabiul Awal juga menjadi bulan untuk melakukan banyak amal kebaikan seperti yang sudah dilakukan Abu Lahab dengan memerdekakan Suwaibah. Beberapa amal kebaikan yang bisa dilakukan untuk memuliakan hari kelahiran Rasulullah SAW adalah membaca Al Quran, bersalawat, memuji Nabi, memperbanyak sedekah dalam Islam, menjamu makanan untuk orang lain, berbuat banyak kebaikan pada fakir miskin dan banyak lagi yang lainnya.

Demikianlah beberapa keutamaan yang bisa dimanfaatkan di bulan Rabiu Awal. (man)

Loading...