Ikuti Festival Film Pendek Berbahasa Daerah Berhadiah Puluhan Juta

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan mengadakan Festival Film Pendek Berbahasa Daerah. Panitia membagi peserta menjadi kategori pelajar SMA/SMK dan mahasiswa/umum.

Dilansir dari badanbahasa.kemdikbud.go.id, hadiah yang disiapkan sebesar Rp60 juta. Tema yang diangkat dalam Festival Film Pendek Berbahasa Daerah yaitu Jaga Persatuan dalam Kebinekaan.

Ada empat subtema yang bisa dipilih para peserta:

  • Cerita Rakyat Berbahasa Daerah
  • Ungkapan Bahasa dan Sastra Berbahasa Daerah
  • Peribahasa Berbahasa Daerah
  • Kosakata Dasar (swadesh) Bahasa Daerah.

Peserta harus mengisi formulir pendaftaran dan petunjuk teknis festival film yang dapat diunduh di laman badanbahasa.kemdikbud.go.id.

Karya merupakan film fiksi atau dokumenter berdurasi 2 sampai. 5 menit dan dilengkapi dengan takarir (subtitle). Karya juga tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, dan politik di dalamnya.

Batas akhir penerimaan karya film yaitu pada 30 September 2019. Karya harus diunggah ke Youtube dengan pilihan “mengunggah video yang tidak dipublikasikan untuk umum (unleash)”, dan informasi tautan unggahan ditulis dalam formulir.

Pemenang akan diumumkan pada Oktober 2019. Selain mendapat uang tunai, pemenang juga akan mendapat sertifikat penghargaan dan akan diundang pada acara Bulan Bahasa. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman badanbahasa.kemdikbud.go.id.(man)

Loading...