Ini Dia 13 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia 2019

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Perguruan Tinggi Terbaik tahun 2019 di Indonesia sudah diumumkan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Jumat (16/8) di Jakarta.

Di pengumuman yang disampaikan melalui rilis itu, disebutkann klasterisasi ini dilakukan untuk memetakan perguruan tinggi Indonesia. Yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti. Yang diumumkan bukan hanya 10 universitas terbaik di indonesia 2019, melainkan 13 buah.

Untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Sekaligus menjadi dasar bagi Kemenristekdikti. Untuk memberikan kebijakan sesuai kapasitas setiap klaster perguruan tinggi tersebut.

peringkat universitas di indonesia 2019 (2)

“Tujuan kami ingin mendorong perguruan tinggi Indonesia semakin maju, dan masuk ke kelas dunia. Dorongan ini menjadi sangat penting. Kalau kita sudah sampaikan ini, kita bisa lakukan pemetaan.

Tujuannya pemetaan perguruan tinggi Kemenristekdikti bagaimana membuat kebijakan masing-masing yang ada di perguruan tinggi nanti. Supaya nanti ke depan kita bisa mewujudkan perguruan tinggi berkualitas,” kata Menristekdikti Mohamad Nasir, yang mengumumkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia 2019.

Pengumuman itu, sekaligus meluncurkan Buku Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) di pada Jumat (16/8). Sebagaimana dirilis di ristekdikti.go.id.

Sebagai wujud apresiasi untuk beberapa perguruan tinggi dengan ranking tertinggi, Kemenristekdikti mengusulkan ke Presiden Joko Widodo dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Agar, memberikan endowment fund atau dana abadi. Untuk dialokasikan bagi riset di perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Kualitas Faktor Penentu Perguruan Tinggi Terbaik

universitas negeri terbaik di indonesia 2019

“Kami ingin ajukan skema, siapa yang bisa masuk itu akan ada ‘endowment fund’ yang kami bangun. Kami ajukan ke Presiden, saya mohon Rp 10 triliun, untuk awal.

Supaya nanti kita bisa kembangkan untuk riset di perguruan tinggi tersebut. Tapi bagaimana mekanismenya nanti kami akan atur. Ini bagaimana kita dorong perguruan tinggi kita bersaing lebih baik,” ungkap Menristekdikti soal peringkat universitas di Indonesia 2019.

Pada kesempatan ini, Menristekdikti menegaskan kembali tidak ada dikotomi antara perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS). Yang terpenting, adalah kualitasnya.

Menteri Nasir mengapresiasi beberapa PTS yang mampu bersaing dengan PTN dan berada pada klaster 2.

Pada tahun 2019, Kemenristekdikti mengeluarkan hasil klasterisasi perguruan tinggi dalam dua kategori, yaitu kategori Perguruan Tinggi Non-Vokasi (pendidikan akademik), yang terdiri dari Universitas, Institut, dan Sekolah Tinggi.

Kemudian, kategori Perguruan Tinggi Vokasi, yang terdiri dari Politeknik dan Akademi.

universitas terbaik di indonesia 2019
Universitas Indonesia

Perguruan Tinggi Non-Vokasi dengan jumlah sebanyak 2.141 perguruan tinggi di bawah Kemenristekdikti diperoleh lima klaster perguruan tinggi Indonesia dengan komposisi:

Klaster 1 berjumlah 13 perguruan tinggi; – – Klaster 2 berjumlah 70 perguruan tinggi; – – Klaster 3 berjumlah 338 perguruan tinggi, – Klaster 4 berjumlah 955 perguruan tinggi, – Klaster 5 berjumlah 765 perguruan tinggi.

Untuk pemeringkatan Perguruan Tinggi 2019 berfokus pada indikator atau penilaian yang berbasis Output – Outcome Base. Yakni, dengan melihat Kinerja Masukan dengan bobot 40 persen. Terdiri dari kinerja Input (15 persen) dan Proses (25 persen).

Kemudian, Kinerja Luaran dengan bobot 60 persen. Terdiri dari Kinerja Output (25 persen), dan Outcome (35 persen).

Penambahan indikator baru tersebut, sebagai upaya agar perguruan tinggi dapat secara aktif merespon perkembangan zaman. Terutama revolusi industri keempat, dan kebutuhan tenaga kerja.

ITB hingga USU

10 universitas terbaik di indonesia 2019
Institut Teknologi 10 November.

Berikut adalah 13 perguruan tinggi atau universitas terbaik di indonesia 2019 non-vokasi dengan ranking tertinggi di Indonesia pada 2019:

Berdasarkan rilis resmi Kemenristekdikti, universitas negeri terbaik di indonesia 2019 dapat disebutkan sebagai berikut:

1.Institut Teknologi Bandung (skor 3.671 – klaster 1)
2.Universitas Gadjah Mada (skor 3.594 – klaster 1)
3.Institut Pertanian Bogor (skor 3.577 – klaster 1)
4.Institut Teknologi Sepuluh Nopember (skor 3.462 – klaster 1)
5.Universitas Indonesia (skor 3.401 – klaster 1)
6.Universitas Diponegoro (skor 3.207 – klaster 1)
7.Universitas Airlangga (skor 3.056 – klaster 1)
8.Universitas Hasanuddin (skor 3.036 – klaster 1)
9.Universitas Brawijaya (skor 2.948 – klaster 1)
10.Universitas Padjadjaran (skor 2.906 – klaster 1)
11.Universitas Andalas (skor 2.795 – klaster 1)
12.Universitas Sebelas Maret (skor 2.711 – klaster 1)
13.Universitas Sumatera Utara (skor 2.695 – klaster 1). (mat)

Loading...