Marquez, Pebalap Honda Repsol Cetak Rekor ke-300

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Honda Repsol boleh berbangga. Pebalapnya, Marc Marquez menang di MotoGP Prancis, Minggu (19/5/2019). Sekaligus memberikan kemenangan ke-300 bagi Honda di balap motor dunia.

Sejak Jim Redman di 1966, banyak sekali pembalap Honda yang berkontribusi untuk 300 kemenangan Honda ini.

Misalnya beberapa nama terkenal, misalnya Mick Doohan, Alex Criville, Freddie Spencer, dan termasuk juga Valentino Rossi, Dani Pedrosa, serta Casey Stoner dan Marc Marquez.

Tekanan dari Awal

Marquez dan tim honda repsol
Kegembiraan Marc Marquez dan timnya usai memenangi balap di Sirkuit Le Mans, Prancis, semalam. Foto – Instagram/com/marcmarquez93

Dari balap di Le Mans, Prancis, Marquez yang tergabung di bendara Honda Repsol Dream Team sempat mendapat perlawanan sengit dari pebalap Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci di awal lomba. Namun, strategi Marquez membuatnya tak terbendung.

Dua pebalap Ducati itu harus puas di posisi kedua dan ketiga. Jack Miller di posisi keempat. Dan, Valentino Rossi finih kelima.

Balapan ini berlangsung sengit di awal. Ditandai dengan jatuhnya dua pebalap di putaran pertama, Karel Abraham dan Joan Mir.

Mir dapat kembali ke pit dan kembali keluar untuk bergabung dengan pebalap lain. Tapi Abraham dapat bendera hitam.

Sejak awal, posisi Marquez terus mendapat tekanan dari Danilo Petrucci, dan Jack Miller. Dia bahkan sempat menyalip Marquez. Tapi langsung disalip kembali.

Setelahnya, pebalap Honda Respol, satu tim dengan Jorge Lorenzo ini langsung menerapkan strategi yang berbeda dengan kebiasaannya. Biasanya, Marquez akan membiarkan pebalap lain mendahuluinya. Dia baru akan menyerang di putaran terakhir.

Puncak Klasemen

Dua Marquez, sama-sama menang
Abang adik, Marc dan Alex Marquez berjaya di Sirkuit Le Mans, Prancis. Foto – Instagram.com/marquez93

Kali ini sangat berbeda, dia langsung memaksimalkan Honda tunggangannya menjauh. Ban soft yang dipakainya berisiko tinggi. Tapi, mampu membuatnya terus menjauh dan terus melebarkan jarak dengan pebalap di posisi kedua.

Sehingga dia sudah unggul 2 detik dari Dovioso di posisi kedua, saat balapan masuk putaran ke-14. Semakin mendekati finish jarak yang dibuatnya hingga sekitar 4 detik.

Akselerasi mesin Honda tunggangan Marc Marquez baru berkurang di putaran terakhir menjelang finish. Selain untuk memastikan keamanan dari kemungkinan jatuh.

Juga karena ban soft yang digunakan sudah semakin aus. Namun, jarak yang dibuatnya dengan Dovioso sudah sangat aman. Hingga akhirnya dia finish pertama di Le Mans. Sekaligus kemenangan kedua berurutan di sirkuit ini.

Kemenangan itu mengukuhkan posisinya di puncak klasemen dengan nilai 95 poin. Dovioso di posisi kedua dengan 87 poin. Dan, Alex Rins di posisi ketiga dengan 75 poin.

Hasil lengkap MotoGP Prancis 2019 sebagaimana dikutip dari www.motogp.com, adalah:

  1. Marc Marquez (Tim Repsol Honda)
  2. Andrea Dovizioso (Tim Ducati) + 1.984
  3. Danilo Petrucci (Tim Ducati) + 2.142
  4. Jack Miller (Balapan Pramac) + 2.940
  5. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 3.053
  6. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 5.935
  7. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 7.187
  8. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) + 8.439
  9. Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) + 9.853
  10. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 13.709.

Pebalap Honda Repsol di Puncak Klasemen Sementara:

  1. Marc Marquez Honda SPA 95
  2. Andrea Dovisioso Ducati ITA 87
  3. Alex Rins Suzuki SPA 75
  4. Valentino Rossi Yamaha ITA 72
  5. Danilo Petrucci Ducati ITA 57
  6. Jack Miller Ducati AUS 42
  7. Cal Crutchlow Honda GBR 34
  8. Franco Morbidelli Yamaha ITA 34
  9. Pol Espargaro KTM SPA 31
  10. Maverick Vinales Yamaha SPA 30. (mat)
Loading...