Bakar Motivasi Pramuka Lewat Pemantapan DKR

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Kwartir Ranting Gunung Kijang melaksanakan pemantapan anggotanya serta Pramuka Penegak, 19 – 21 April 2019. Kesempatan ini juga dimanfaatkan membakar motivasi para junior.

Ketua Kwartir Cabang Bintan, Dalmasti Syam datang didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Yasman Andhika. Tak ketinggalan Sekretaris Kwartir Cabang Bintan Hosni.

Pemantapan Dewan Kerja Ranting Gunung Kinang dimaksudkan memantapkan sejumlah hal. Diantaranya pemantapan mental, moral, pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman.

Dengan mendapatkan motivasi serta pementapan, peserta mampu menempatkan dirinya sebagai manusia yang berkepribadian dan berjiwa Pancasila.

“Pemantapan Dewan Kerja Ranting ini sangat bermanfaat bagi anggota. Anggota Pramuka memang dituntut untuk tak bosan menambah pengetahuan. Apalagi jika pengetahuan itu terkait dengan kepramukaan,” Dalmasri mengingatkan.

Menurut Dalmasri, gerakan Pramuka adalah pendidikan kepramukaan bagi kaum muda. Kaum muda itu ibarat tunas bangsa,

“Pramuka menjadikan generasi lebih baik. Pramuka juga mengajarkan bagaimana seseorang bertanggung jawab,” kata Dalmasri.

Kepada seluruh peserta Pemantapan Dewan Kerja Rantin, Dalmasri menitipkan harapan.

“Semoga kalian nantinya menjadi generasi penerus pembangunan bangsa,” ujarnya.

Sementara Ketua Kwartir Ranting Gunung Kijang, Suyatno, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Kwartir Cabang yang sudah hadir.

Kehadiran Ketua Kwartir Ranting diharapkan Suyatno menumbuhkan motivasi. Tumbuh di hati setiap anggota Pramuka dan menjadi bekal hidup ke depan.

“Seharusnya kehadiran Kak Dalmasri bisa menjadi penyemangat. Pramuka itu kan harus tangguh, berkepribadian menyenangkan dan bertanggung jawab,” tukas Suyatno.

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bintan, Yasman Andhika pun memberikan motivasi. Ia menceritakan berbagai pengalaman yang dihadapinya khususnya terkait kepramukaan. Para peserta pun mendengarkan dengan serius.

Motivasi untuk Selalu Cinta Tanah Air

Para peserta mengikuti pemantapan penuh suka. Sebagai anggota Pramuka, mereka harus bisa berpedoman pada Dasa Dharma Pramuka.

Pramuka pun masih mendapatkan perhatian di negeri ini. Sebagai contah pada Hari Pramuka 14 Agustus 2018 lalu. Presiden Jokowi dan Ibu Negara iriana menghadiri peringatannya di Lapangan Gajah Mada, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur. Keduanya mengenakan seragam Pramuka.

“Pada segenap praja muda karana, jiwa muda yang suka berkarya, di seluruh tanah air dan yang berada di kantor-kantor perwakilan luar negeri,” ucap Jokowi.

Menurut Presiden, selama 57 tahun gerakan Pramuka di tanah air sudah berkarya. Khususnya dalam pembentukan karakter generasi muda Indonesia yang cinta tanah air dan berdarma bakti bagi bangsa dan negara.

Presiden pun harus mampu merevitalisasi dirinya. Dengan demikian terbentuk manusia-manusia Pancasila yang tangguh yang tahan banting, yang berakhlak mulia serta inovatif.

“Pramuka itu bagus. Sayang tak banyak anak-anak muda sekarang yang menyadarinya. Kami selalu diberi motivasi untuk cinta tanah air dan sebagainya,” ujar seorang peserta Pemantapan Dewan Kerja Ranting Gunung Kijang. (mat)

Loading...