5 Hal yang Wajib Wanita Ketahui Soal Kesehatan Reproduksi

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kesehatan reproduksi bagi seorang wanita adalah hal yang mutlak harus diperhatikan. Betapa pentingnya sehingga WHO pun mengeluarkan arti dan maknanya.

Menurut WHO kesehatan reproduksi ialah suatu keadaan fisik, mental dan sosial yang utuh, bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi serta prosesnya.

Nah, kaum wanita pasti pernah bertanya kepada dirinya sendiri seperti apa bentuk, letak atau fungsi organ yang termasuk ke dalam alat reproduksi. Bagaimana menjaga kesehatannya?

Nah, berikut ini 5 hal yang mutlak harus diketahui wanita soal kesehatan reproduksi yang dikutip suarasiber.com dari eministcampus.org.

1. Tahu Tubuh Anda

Menyebut organ vital dan bagian-bagiannya mungkin sudah didapatkan di sekolah, namun untuk menunjukkan di mana letaknya pasti banyak yang tidak tahu.

Mengetahui anatomi reproduksi Anda sendiri adalah satu hal yang paling penting untuk mengetahui tentang kesehatan reproduksi Anda. Jika Anda tidak tahu tubuh Anda dan bagaimana mereka bekerja, bagaimana Anda akan dapat belajar?

Apalagi jika Anda justru awam dengan istilah rahim, tuba falopi dan ovarium, bagaimana bisa seseorang bisa dikatakan tahu tentang tubuhnya?

2. Tahu Siklus Anda.

Yang termasuk di sini ialah pertanyaan seputar berapa haris siklus menstruasi? Apa bentuk pengendalian kelahiran yang tepat untuk Anda? Perubahan apa dalam tubuh Anda yang dapat Anda harapkan dan persiapkan ketika Anda memiliki periode Anda?

Sebagai contoh, mengetahui siklus menstruasi Anda sangat penting untuk kesehatan reproduks. Pelajari juga tentang tahapan siklus menstruasi dan informasi tentang menarche, menopause dan perimenopause.

3. Tahu Hak Anda

Anda tinggal di negara mana? Sadarkah Anda bahwa setiap negara memiliki aturan yang tak sama? Misalnya terkait pengendalian kelahiran, seperti KB di Indonesia.

Mengetahui hak reproduksi Anda akan mendidik pada hukum negara Anda, kebijakan, dan peraturan mengenai kesehatan perempuan, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi bagaimana Anda merawat tubuh Anda.

4. Tahu Sumber Daya Anda

Tidak semua informasi bisa dibaca melalui buku atau mejalah, melihat tayangan televisi dan sebagainya. Adakalanya Anda harus menanyakannya kepada orang lain.

Nah, seberapa dekat Anda dengan dokter, perawat, ahli kesehatan, bidan atau mereka yang mengetahui tentang kesehatan reproduksi? Jika cukup banyak kenalan Anda bisa bertanya kapan saja jika memiliki pertanyaan.

Jangan lupa, sumber daya yang Anda pilih haruslah orang yang benar-benar menguasai materi tentang kesehatan reproduksi. Dengan demikian Anda mendapatkan informasi yang benar.

5. Tahu Suara Anda

Terhadap kesehatan reproduksi Anda memiliki pilihan untuk menjawab ya atau tidak. Jangan takut untuk mengajukan pertanyaan tentang kesehatan reproduksi Anda. Semakin banyak Anda tahu semakin baik.

Bahkan di saat berhubungan, seyogyanya ceritakan secara benar apa yang Anda rasakan. Jika ada keluhan segera bicarakan dengan pasangan. Oleh sebab itu penting mengetahui bagaimana menjaga hubungan yang sehat. Dan bagaimana harus menghadapi orang yang berperilaku tidak sehat.

Anda harus berani mengatakan ya atau tidak. (man)

Loading...