Seratus Taruna AAL Mendarat di Pelabuhan Batuampar

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Dermaga Batuampar, Batam lebih semarak dibandingkan biasanya. Hari itu, Selasa (7/8/2018) KRI Bima Suci-945 merapat bersama penumpangnya.

Kapal ini membawa Satgas Kartika Jala Krida (KJK) yang berjumlah 200 orang. Mereka adalah 100 orang Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan 65, meliputi 40 taruna dan 3 taruni Korps Pelaut. Lalu 14 orang dari Korps Teknik, 13 taruna dan 2 taruni Korps Elektro, 6 taruna dan 3 taruni dari Korps Suplai 9 orang (Taruna 6, Taruni 3) dan Korps Marinir 19 orang.

Turut berlabuh di KRI Bima Suci-945 adalah 100 Anak Buah Kapal, yang memulai keberangkatannya dari Surabaya. Selanjutnya akan mengikuti beberapa kegiatan di Rusia dan Korea Selatan.

Rute yang ditempuh meliputi Surabaya – Batam – Zhanjiang (China) – Yeosu (Korsel) – Vladivostok (Rusia) – Qingdao (China) – Yokosuka (Jepang) – Jeju (Korsel) – Manila (Filipina) – Bitung – Surabaya dengan waktu pelayaran 100 hari dan jarak tempuh sejauh 11.187 NM.

Kedatangan KRI Bima Suci-945 ini disambut oleh Wakil Komandan (Wadan) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Kolonel Laut (P) Imam Teguh Santoso SE MSi, mewakili Komandan Lantamal (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno SE MM.

Dalam sambutan yang dibacakan Wadan Lantamal, Danlantamal mengatakan, KRI Bima Suci merupakan kapal layar latih pengganti kapal legendaris KRI Dewa Ruci yang sudah beropersi sejak tahun 1953. KRI Bima Suci masuk ke dalam jajaran TNI AL sebagai kapal latih AAL.

Kapal ini dibuat perusahaan kapal ternama Spanyol yang berlokasi di Kota Vigo, Freire Ship Yard. Saat ini mengarungi pelayaran KJK 2018 bersama dengan 100 taruna AAL. KJK merupakan pelayaran muhibah ke luat negeri sekaligus latihan dan praktik bagi taruna AAL.

Penyambutan ditandai dengan pengalungan bunga dari Wadan Lantamal IV kepada Komandan KRI Bima Suci-945 Letkol Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji selaku Dansatgas KJK, Asisten I Pemko Batam kepada Komandan Satuan Latihan Kartika Jala Krida 2018 Letkol Laut (P) Joko Purwanto, Danlanal Batam Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan SH kepada perwakilan Taruna dan Ketua Korcab IV DJA I Irmelda R Eko Suyatno kepada perwakilan Taruni AAL tingkat III Angkatan 65.

Turut hadir dalam penyambutan tersebut antara lain Komandan Guskamla Koarmada I Laksamana Pertama TNI David Santoso, Kazona Maritim Barat Bakamla RI, perwakilan Intansi militer dan Kepolisian, Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I serta pelajar dan Pramuka Saka Bahari. (mat)

Loading...