Pelabuhan Pelantar II Mulai Dibangun, Harus Dapat Muat Kapal Besar

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pelabuhan yang memadai dan lengkap, akan memperlancar arus barang, kebutuhan akan terjamin, muaranya kesejahteraan akan tercapai. Begitulah yang ada dalam pemikiran Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

Hal tersebut disampaikan Gubernur saat meninjau pengembangan pelabuhan Pelantar II, Tanjungpinang, Selasa (14/8/2018). Proyek ini dibangun secara bertahap dengan panjang dermaga 206 meter dan lebar 10 meter. Diharapkan dengan selesainya pelabuhan tersebut proses arus barang yang keluar dan masuk dapat lancar.

“Kedalaman harus diperhatikan karna kedepan harus dapat memuat kapal-kapal besar,” tegas Nurdin.

Dari peninjauan tersebut sebagian besar dermaga dari pelabuhan sudah dicor bertulang masih tinggal beberapa meter lagi yang belum lebih kurang 20 pilar. Nurdin kembali menegaskan bahwa untuk mempercepat proses penyelesian Pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin agar pelabuhan dapat selesai tepat waktu. Rencananya pada Tahun 2019 crane akan masuk ke lokasi untuk mempercepat proses penyelesaian.

“Pengerjaan juga memerlukan teknologi, agar segera rampung,” tambah Nurdin lagi.

Nurdin selanjutnya melakukan peninjauan ke Dompak. “Ibu Kota harus memiliki wajah baru, kita terus dorong pembangunan ini,” ujar Nurdin.

Terakhir Nurdin meninjau lokasi yang direncanakan akan dibangun pasar induk tradisional yang berada di kawasan pasar buah di Batu 7 Atas, Tanjungpinang.

Nurdin ingin pembangunan kawasan ini harus tertata, sesuai dengan market yang telah di rencanakan. Apalagi lokasi pembangunan berada di kawasan yang cukup padat.

“Jalan masuk pasar harus besar agar tidak terjadi kemacetan,” pesan Nurdin.

Hadir pada kesempatan tersebut Asisten II Syamsul Bahrum, Kepala Dinas PU Abu Bakar, Kepala Dinas Perdagangan Burhanuddin, Kepala Dinas Kelautan Eddy Sofyan, Kabiro Pembangunan Aries Fhariandi dan Kabiro Humprohub Nilwan. (mat)

Loading...