Ingat 2 Nelayan Dikabarkan Hilang? Alhamdulillah, Selamat

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Haidan dan Dery beberapa waktu lalu membuat gempar warga Bintan lantaran dikabarkan hilang saat melaut. Tak disangka, kedua warga Desa Kelong, Bintan itu pulang dalam keadaan sehat walafiat.

Dikabarkan oleh Bhabinkamtibmas Desa Kelong Brigadir M.Kurniawan, Senin (23/7/2018) pagi, ia mendapatkan telepon dari Linda, kakak Haidan bahwa Haidan dan Dery telah ditemukan di Desa Landak, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Anambas.

Pukul 07.30 WIB, Kurniawan mendatangi rumah Linda untuk mendapatkan kebenaran informasi. Lalu diperoleh kronologisnya sebagai berikut:

Senin (23/7/2018) pukul 05.20 WIB, di Desa Landak, jemaja, Anambas, Fatimah yang tak lain Makcik Dery duduk di pelantar rumah. Saat itulah sebuah pompong bersandar dan turunlah Haidan serta Dery.

Tentu saja Fatimah terkejut, sebab ia pun sudah memperoleh kabar bahwa Dery dan Haidan hilang. Ia mendapatkan penjelasan dari Dery bahwa telah terjadi lost contact saat berada di lautan. Fatimah pun segera mengajak keduanya masuk rumah.

Pukul 06.15 WIB Fatimah menelepon Linda yang tinggal di Desa Kelong, memberitahukan bahwa Dery dan Haidan ada di rumahnya.

Ditambahkan oleh Kurniawan, keterangan yang diperolehnya lewat telepon dengan Dery dan Haidan, pada hari Senin tanggal 9 Juli 2018 keduanya di Perairan Berakit. Kapal yang mereka tumpangi rusak dan jangkar pun dilabuhkan. Sambil menunggu datangnya pertolongan, ada kapal tanker lewat samping mereka. Hampir saja tanker menabrak kapal mereka, hingga diambil keputusan untuk memutuskan jangkar untuk menghindari tabrakan.

Tanpa jangkar, Dery dan Haidan hanyut bersama kapalnya. Bahkan pada 11 Juli 2018, mereka memasuki Perairan Pulau Aur, Malaysia. Tak ada yang lewat, sehingga keduanya pasrah ketika kapalnya hanyut. Kapal rusak itu memasuki Perairan Laut Cina Selatan, hampir memasuki Perairan Vietnam. Di sanalah Dery dan Haidan bertemu nelayan Thailand.

Nelayan Thailand memberikan bantuan berupa stok makanan dan bahan bakar. Dengan bekal itulah Dery dan Haidan mencoba menemukan pulau Indonesia terdekat. Selama lima hari berlayar, akhirnya sampailah ke Desa Landak.

“Saat ini Dery dan Haidan sehat walafiat, masih ada di rumah Fatimah. Kemungkinan besok pulang ke Desa Kelong,” terang Kurniawan. (mat)

Loading...