Gelar Latihan Thunder Iron 18-2446, Kopaska TNI AL Gandeng US Navy Seal

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Komandan Kolat Koarmada I Kolonel Laut (P) Fauzi SE MM dan USN Representative Shima, resmi membuka Latihan Thunder Iron 18-2446, di aula Kolat Koarmada I, Kodamar, Sunter Jakarta Utara, Senin (9/7/2018).

Latihan ini dilaksanakan bersama antara Kopaska TNI AL dengan US Navy Seal. Pembukaan ditandai dengan pengalungan tanda peserta, dan pemasangan pita kepada perwakilan peserta kedua negara.

Dalam kesempatan itu Fauzi, menyampaikan ada beberapa sasaran Latihan Thunder Iron. Antara lain, aspek perencanaan. Untuk terciptanya kemampuan perorangan dan tim, untuk merencanakan sebuah operasi sampai dengan pelaksanaan.

Aspek operasional yaitu terciptanya kemampuan baik perorangan dan tim, untuk mengaplikasikan dan menerapkan semua materi latihan. Sehingga akan tercipta kesiapsiagaan operasional dalam menghadapi peperangan laut khusus.

Aspek taktik, teknik dan prosedur untuk meningkatkan kemampuan perorangan, dan tim serta satuan. Untuk menerapkan doktrin taktis dan teknis yang ada, sesuai dengan prosedur yang berlaku di lingkungan TNI Angkatan Laut.

Aspek psikologis untuk erciptanya hubungan emosional yang harmonis, semangat kebersamaan dan kebanggaan sebagai satuan khusus yang berkualifikasi Peperangan Laut Khusus dari kedua negara.

Aspek litbang untuk mendapatkan data atau temuan-temuan baru, guna penyempurnaan doktrin Peperangan Laut Khusus.

Yang berguna untuk pengembangan kekuatan dihadapkan pada tugas di masa yang akan datang. Meliputi kesiapan personel, material dan software.

Adapun materi Latihan meliputi MIO/VBSS (Uncompliant), Combat Shooting (Complexity of Technique) Operasi Militer di Lingkungan Perkotaan, Closed Quarters Combat (CQC) atau Pertempuran jarak dekat, Ship Boarding Small Craft Operation (SCO) atau Operasi Sea Rider, UAV (Pemantauan jarak jauh), dan C2 Classes.

Kegiatan Latihan akan dilaksanakan mulai tanggal 9 sampai dengan 30 Juli 2018 di Kolat Koarmada I, Kemayoran, Lapangan Tembak Senayan Jakarta Pusat dan Perairan Teluk Jakarta di bawah komando dan kendali Pangkoarmada I. Selaku Penanggung jawab latihan, Paban III/Lat Sops Mabes TNI Angkatan Laut selaku Supervisor latihan, Dansatkopaska Koarmada I selaku Koordinator pelaksanaan latihan. (mat)

Loading...