Messi Mundur, Kroasia Tersungkur

Loading...
Argentina vs Kroasia, Jumat (22/6/2018) Pukul 01.00

Ditahan imbang 1-1 oleh pendatang baru Islandia, menjadikan partai melawan Kroasia ibarat partai final. Kegagalan akan mengantar anak asuh pelatih Sampaoli tersisih lebih awal.

Belajar dari pertandingan awal, tidak jalannya lini tengah dan dimatikannya lionel Messi menjadi macet aliran bola ke lini depan.

Kuartet lini pertahanan, mungkin didorong dengan mensisakan trio dengan formasi lima pemain mengisi lini tengah.

Aliran dan pasokan bola akan lebih mereka kuasai. Peran Mascherano mematikan Modric atau Rakitic. Baik Marcherano maupun Modric serta Rakitic sudah saling faham kelebihan dan kekurangannya.

Peran Messi mungkin lebih banyak sebagai distributor bola bagi striker yang kemungkinan akan dipercayakan kepada Higuaian.

Winger yang tadinya dipercayakan kepada Angel de Maria kemungkinan diberikan kepada Pavon. Perubahan ini, dimaksudkan untuk memberi warna baru dan pembeda dari aliran bola timnas Argentina.

Pertarungan antara Rakitic- Modric melawan Messi- Biglia-Pavon akan mewarnai duel lini vital tersebut.

Mandzukic sebagai targetman timnas Kroasia akan mendapat kawalan dari Rojo maupun Otamendi. Caballero sebagai kiper harus berani keluar dari sarang saat terjadi bola lambung di mulut gawangnya.

Rasa percaya diri Messi akan sangat tergantung dari dukungan rekan – rekannya dalam membongkar lini pertahanan Kroasia yang sering menumpuk jumlah pemain.

Messi sadar , sebagai yang diharapkan oleh pelatih Sampaoli tentu tidak memaksakan untuk mendrible dan melewati tembok Kroasia. Kerjasama one-two touch justru akan memudahkan dalam membongkar dan bisa jadi adanya pelanggaran.

Gagal tak pernah terjadi secara berurutan, kerjasama menjalin lini tengah dan ketenangan dalam mengatur ritme permainan akan sangat membantu mencetak gol.

Situasi sulit dan tekanan justru menjadikan Messi dkk lebih tenang dalam menyusun serangan.

Saat yang tepat untuk bangkit, justru pada 15 menit babak pertama. Tatkala Kroasia masih menjaga irama, disitulah Messi dkk mulai awal menekan mencari kelengahan Lovren dkk.

Kroasia akan makin berkembang, bila mampu menahan hingga babak pertama usai. Partai kali ini akan lebih menarik, kedua tim bermain terbuka, gol tinggal menunggu waktu. (*)

Prakiraan Susunan Pemain:

Argentina: Caballero; Mercado, Otamendi, Tagliafico; Salvio, Mascherano, Meza, Acuna; Messi, Aguero, Pavon.

Kroasia: Subasic; Vrsaljko, Lovren, Vida, Strinic; Rakitic, Badelj; Brozovic, Modric, Perisic; Mandzukic​.

Oleh Bung Chris

Loading...