Rencana Dinas Pendidikan Kepri Dinilai Tak Masuk Akal

Loading...
Menutup Jurusan Pariwisata dan Jurusan IT di SMKN 1 Tanjungpinang

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Rencana penutupan jurusan pariwisata dan Informasi Teknologi di SMK Negeri 1 Tanjungpinang oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, dinilai tidak masuk akal oleh Ketua Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang Maskur Tilawahyu. Menurut Maskur, kedua jurusan itu merupakan favorit dan telah menggoreskan tinta emas untuk SMKN 1.

“Jurusan itu sangat diperlukan untuk Kepri, khususnya Tanjungpinang, Bintan dan Batam saat ini. Tak masuk akal menutup jurusan itu. Mohon Disdik Kepri pertimbangkan kembali rencana itu,” kata Maskur yang juga alumni SMKN 1 Tanjungpinang menjawab suarasiber.com, Jumat (4/5/2018).

Redaksi suarasiber mendapatkan informasi penutupan 2 jurusan tersebut saat dialog interaktif di RRI Tanjungpinang, Kamis (3/5/2018) pagi. Saat itulah baru diketahui ada rencana itu. Terkesan mendadak dan nyaris tanpa sosialisasi. Padahal dalam waktu dekat akan ada penerimaan siswa baru.

Jangankan dari masyarakat, guru dan kepala sekolah di SMKN 1 Tanjungpinang pun terkaget-kaget mendengar rencana tersebut. Walau sebelumnya soal rencana itu ada disebut-sebut akan tetapi kepastiannya masih tidak ada. Sehingga dinilai sebatas wacana saja.

Tak heran jika guru senior di sekolah itu, Jusmawati, menyayangkan rencana itu. Apalagi, animo masyarakat tinggi ke SMKN 1 dan jurusan yang ditawarkan. “Jadi sayang sekali kalau ditutup. Kasihan masyarakat nantinya,” ucapnya.

Menjawab pertanyaan apakah penutupan itu berarti Disdik menutup animo masyarakat, Jusmawati, menjawab bisa jadi seperti itu. “Tapi kalau itu sudah keputusan pusat, ya kami pasrah saja,” jawabnya, sembari menambahkan yang penting segala keputusan yang diterbitkan harus disoaialisasikan. Dan, dipertimbangkan dampak ke depannya akan seperti apa.

Dikonfirmasi terpisah, Kepsek SMKN 1 Tanjungpinang Deslibeth, mengatakan sudah mendengar rencana itu sekitar setahun yang lalu dan dinilai baru wacana. Saat dialog interaktif barulah dia tahu kepastian rencana itu. Setelah disampaikan oleh Kabid Pembinaan SMK di Disdik Kepri, Muh Dali (salah satu calon Kadisdik Kepri).

Disampaikannya, bahwa 2 jurusan itu akan dialihan ke SMKN lainnya di Tanjungpinang dengan pertimbangan kualitas. Jurusan pariwisata akan dialihkan ke SMKN 2 Tanjungpinang. Sedangkan jurusan IT ke SMKN 4 di Batu 14 Tanjungpinang arah Kijang.

Dulunya, ujar Delisbeth, jurusan pariwisata dan IT dibuka di SMKN 1 Tanjungpinang karena masyarakat memerlukan. Kemudian, proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMKN 1 sudah tersistem. (mat)

Loading...