Belasan Kapal Pencuri Ikan Asal Vietnam Ditangkap

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sudah jelas, pemerintah Republik Indonesia akan menindak kapal pencuri ikan negara asing, salah satunya dengan diledakkan. Nyatanya masih ada yang menutup mata.

Kabar terbaru adalah ditangkapnya 14 kapal beserta awaknya di perairan Natuna, Ahad (27/5/2018). Penangkapan dilakukan oleh enam unsur KKP, tiga diantaranya sedang tergabung dalam Operasi Nusantara Bakamla.

Mereka adalah Hiu Macan-01 dikomandani Samson, Hiu-11 dikomandani Slamet dan Hiu-12 dikomandani Novri Sangiang. Sementara itu KP Paus dengan komandan Irzal Kadir, KP Orcha-01 dengan komandan Priyo Kurniawan dan KP Hiu Macan Tutul-02 dengan komandan Ilman Rustam merupakan kapal KKP yang saat itu sedang melakukan operasi mandiri KKP.

Pemeriksaan dan penangkapan berlangsung pada Ahad itu berlangsung sejak pukul 07.05 hingga 17.45 WIB. Operasi ini dipimpin personel Bakamla, Suyitno SSos MSi.

Pada saat ditangkap, awak salah satu kapal ikan Vietnam berusaha membakar kapalnya sendiri. Namun upaya ini berhasil digagalkan oleh aparat di lokasi.

Hingga saat ini ke-14 kapal masih dalam proses penarikan guna proses hukum lebih lanjut. Sejumlah 10 kapal tangkapan beserta awaknya dikawal menuju Pangkalan Pontianak, sedangkan empat kapal lainnya dikawal ke Pangkalan PSDKP Batam. (mat)

Loading...