Pembentukan Provinsi Natuna – Anambas Cuma Mimpi Hamid Rizal

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Fadil Hasan SH, salah satu tokoh pejuang pembentukan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), mengatakan wacana pembentukan Provinsi Natuna Anambas lebih sebagai ambisi pribadi Hamid Rizal, Bupati Natuna. Menurutnya, Hamid seharusnya fokus saja membenahi dan membangun Natuna.

Terutama membangun infrastrukturnya, dan sumber daya manusia (SDM), untuk menyejahterakan seluruh masyarakatnya. Sebab, tak sedikit masyarakat di Natuna dan Anambas yang masih prasejahtera.

Dalam kondisi keuangan negara dan daerah yang defisit, tambahnya, membentuk sebuah provinsi baru rasanya seperti mimpi.

“Mane pulak lagi pendapatan asli daerah cume tegantung pada bagi hasil migas. Yang sekarang juge semakin kecil,” kata Fadil Hasan dalam pertemuan dengan media, kemarin.

Untuk membentuk provinsi baru diperlukan anggaran yang besar. Sementara, anggaran yang ada saat ini sekitar setengahnya habis hanya untuk membiayai operasional pegawai. Sisanya untuk segala macam kegiatan. Dan, hanya sebagian kecil saja yang untuk membangun infrastruktur.

Hal serupa juga terjadi di Kabupaten Anambas. Infrastrukturnya yang untuk menggerakkan perekonomian rakyat masih sangat minim.

“Dari pada mikir bikin Provinsi Natuna-Anambas kan lebih baik mikir untuk membenahi segala kekurangan di Natuna, dan Anambas,” tukasnya

Jangan sampai, tegasnya, wacana pembentukan Provinsi Natuna – Anambas hanya jadi pengalihan isu. Karena, ketidakmampuan APBD untuk membangun infrastruktur di kedua daerah ini.

“Anambas juga belum ada diajak berdiskusi untuk membahas wacana tersebut,” beber Fadil. (mat)

Loading...