free page hit counter

Kreativitas Anak Muda Natuna Sambut Super Blue Blood Moon

Loading...

NATUNA (suarasiber.com) – Komuna atau Komunitas Muda Natuna dan Departemen Agama setempat bekerja sama menyambut datangnya tiga fenomena alam yakni supermoon, bluemoon dan bloodmoon. Bentuk kreativitas mereka adalah mengajak masyakat menyaksikannya, malam ini, di Pantai Kencana, mulai 18.00 WIB.

Dalam brosur yang diterima redaksi suarasiber.com, Komuna menjelaskan makna ketiga fenomena itu. Supermoon terjadi ketika bulan berada dekat bumi sehingga terlihat sedikit lebih besar, bluemoon adalah fenomena yang terjadi di langit jika bulan purnama kedua dalam satu bulan masehi sementara bloodmoon adalah kejadian saat bulan berwarna merah darah selama gerhana bulan total.

Disebutkan juga bahwa gerhana ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Masyarakat juga diberitahu waktunya. Mulai bulan purnama 18.48 WIB atau 19.48 WITA dan 20.48 WIT. Mulai gerhana total 19.51 WIB atau 20.51 WITA dan 21.51 WIT. Akhir gerhana total 21.07 WIB atau 22.07 WITA dan 23.07 WIT. Sementara Akhir gerhana sebagian 22.11 WIB atau 23.11 WITA dan 00.11 WIT.

Durasinya adalah 1 jam 16 menit untuk gerhana total, 3 jam 22 menit untuk gerhana sebagian dan total.

Tak lupa Komuna pun memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa gerhana bulan tidak berbahaya dan bisa disakaikan dengan mata telanjang atau melalui teleskop serta bonokuler.

Banyak cara untuk menjadui kreatif, ya? (man)

Loading...