Alahmdulillah, Istiqlal Terima Sertifikat sebagai Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Dunia

Loading...

Suarasiber.com – Masjid Istiqlal di Jakarta dinobatkan sebagai masjid ramah lingkungan pertama di dunia oleh Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE), Eabu (6/4/2022).

Dilihat suarasiber.com dari @masjidistiqlal.official, Ahad (10/4/2022), diunggah kabar yang membanggakan masyarakat Indonesia ini.

Unggahan ini disertai foto dengan logo EDGE di bagian atas, lantas di bawahnya inti unggahan.

“Masjid Istiqlal jadi tempat ibadah pertama di dunia yang meraih sertifikat EDGE Konsep Bangunan Ramah Lingkungan,” demikian tertulis di uggahan itu.

Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar yang menerima sertifikat ini mengatakan penting bagi umat Islam untuk mewujudkan masjid hijau yang ramah lingkungan.

“Untuk meningkatkan kualitas ibadah serta menghormati kepemimpinan Rasulullah SAW yang sangat peduli terhadap alam,” imbuhnya.

Ia lantas menegaskan, pembangunan kembali dan merevitalisasi peran masjid sebagai pusat pencerahan pelestarian lingkungan menjadi salah satu prioritas pihaknya.

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengapresiasi penghargaan yang diterima Majid Istiqlal.

“Keberhasilan itu membanggakan seluruh rakyat Indonesia. Sertifikat ramah lingkungan itu memperlihatkan hasil renovasi Masjid Istiqlal yang rampung tahun lalu, telah memenuhi prinsip-prinsip desain bangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan,” ujarnya, dilansiar dari Antara.

Sertifikat bangunan ramah lingkungan EDGE diterima Masjid Istiqlal dari International Finance Corporation (IFC), sebuah lembaga pendanaan yang bernaung di bawah Bank Dunia. Sertifikasi bangunan hijau EDGE telah berlangsung sejak 2014 di 170 negara, termasuk Indonesia.

EDGE pun jadi standar bangunan hijau yang membantu negara-negara berkembang untuk memperhatikan aspek lingkungan utamanya jejak karbon saat mendirikan bangunan. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...