Warga Kepri, Yuk Sukseskan World Cleanup Day, 21 September 2019

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Indonesia kembali berpartispasi dalam gerakan bersihkan sampah atau World Cleanup Day (WCD) 2019. Keterlibatan Indonesia pada gerakan lingkungan ini sudah dimulai sejak 2014 silam.

Seperti provinsi lain di Indonesia, para penggiat lingkungan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pun sudah menyiapkan kegiatan yang bakal dilangsungkan 21 September 2019 serentak di seluruh dunia ini. Informasi tentang WCD di Kepri ini diperoleh suarasiber dari Herni, relawan Aksi Bersih Sedunia, Selasa (17/9/2019).

Relawan WCD Kepri 2019 sendiri sudah bertemu dengan Plt Gubkepri Isdianto dan Sekdaprov Arif Fadillah serta pejabat lainnya di Kantor Gubenur Kepri, Dompak, beberapa waktu lalu. Dan Pemprov Kepri juga telah mengeluarkan edaran pelaksanaan World Cleanup Day tahun ini menjadi salah satu dari rangkaian acara hari ulang tahun Kepri.

Leader WCD Kepri 2019, Nunung Rozalina berharap suatu saat nanti akan ada 1 hari yang ditetapkan sebagai hari Kepri bersih dan masuk dalam agenda tahunan provinsi.

Di Kepri terdapat penggiat lingkungan di 7 kabupaten/kota yang siap bergerak untuk membersihkan lingkungannya pada 21 September nanti. Titik lokasi utama di Pelantar I, II, III dan Pelantar KUD. Sedangkan titik kumpulnya di Gedung Daerah, Tepi Laut.

Selain titik utama tadi, bersih sampah juga dilaksanakan di Rimba Jaya, Kampung Bulang, Penyengat, Kampung Bugis, Bintan Center dan Jalan Radar. Sementara lokasi di kota.kabupaten lain di Kepri ditentukan pada lampiran edaran kepala daerah masing-masing.

Yang akan ikut andil dalam kegiatan aksi bersih sedunia ini berasal dari berbagai komunitas/organisasi, pemerintah, sekolah dan masyarakat umum.

Menurut penggiat lingkungan Kepri, Renald Yude, WCD 2019 bakal menjadi salah satu cara mengampanyekan gerakan meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai. Caranya dengan mengimbau para peserta aksi bersih-bersih untuk membawa botol minuman masing-masing.

Dukungan semua pihak sangat diharapkan untuk kesuksesan pelaksanaan aksi bersih sedunia. Keikutsertaan Kepri untuk yang kedua kalinya. Tahun lalu, kegiatan WCD di Kepri melibatkan sebanyak 36.917 peserta. (mat)

Loading...