Wahai Warga Tanjungpinang, Segera Balik Nama Jika Membeli Kendaraan

Loading...

Suarasiber.com – Polisi mengimbau kepada masyarakat Tanjungpinang agar segera mengurus proses balik nama apabila membeli kendaraan baru atau bekas. Hal itu untuk memudahkan pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Merujuk pada Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 7 tahun 2021 Pasal 61, dicantumkan jika masyarakat diwajibkan membawa KTP asli dalam mengurus pembayaran pajak khususnya perpanjangan STNK.

“Dalam pasal itu dijelaskan, pengesahan STNK secara manual diwajibkan melampirkan identitas diri berupa KTP asli sesuai dengan STNK, dengan tujuan kesesuaian data diri antara KTP dan STNK salah satunya adalah untuk mendukung penerapan Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE),” jelas Kasubsi Penmas Polresta Tanjungpinang IPTU Sahrul Damanik, Sabtu (25/05/2024).

Syarat untuk balik nama bisa dilihat melalui aplikasi “Penyengat Polresta TPI” yang bisa diunduh melalui Play Store Android.

Masyarakat juga bisa mencari informasi melalui instagram @humaspolresta.tanjungpinang.

“Kita selalu merespons,” ujar Sahrul.

Sebelum mengajukan balik nama atau pajak kendaraan, masyarakat diminta memastikan surat atau berkas yang disyaratkan lengkap.

Kekurangan berkas akan membuat pengurusan menjadi ribet dan masyarakat kadang bolak-balik mengambil syarat yang sudah menjadi aturan. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...