Manfaat Meminum Air Putih Saat Bangun Tidur

Loading...

Suarasiber.com – Minum air putih setelah bangun tidur adalah kebiasaan sederhana yang dapat memberikan dampak besar bagi kesehatan. Ketika kita tidur, tubuh mengalami dehidrasi ringan karena kehilangan cairan melalui pernapasan dan keringat.

Oleh karena itu, memulai hari dengan segelas air putih tidak hanya membantu menghidrasi tubuh, tetapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan lainnya yang penting.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lima manfaat utama dari kebiasaan ini, didukung oleh pendapat para ahli kesehatan yang terpercaya. Temukan bagaimana segelas air putih di pagi hari dapat menjadi langkah kecil menuju kesehatan yang lebih baik.

Air putih, terutama yang bersumber dari mata air alami atau air mineral, mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa zat yang terdapat dalam air putih beserta manfaatnya:

  • Kalsium : penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, kalsium juga berperan dalam fungsi otot, pembekuan darah, dan transmisi sinyal saraf.
  • Magnesium : berperan dalam ratusan reaksi biokimia dalam tubuh, termasuk sintesis protein, fungsi otot dan saraf, pengaturan gula darah, dan pengendalian tekanan darah.
  • Sodium : diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, serta mendukung fungsi saraf dan otot.
  • Potassium (Kalium) : membantu menjaga tekanan darah normal, mengatur keseimbangan cairan, dan mendukung fungsi otot dan saraf.
  • Bikarbonat : membantu menjaga keseimbangan pH dalam darah dan cairan tubuh, yang penting untuk proses metabolisme yang optimal.
  • Silikon : penting untuk kesehatan kulit, rambut, kuku, dan tulang. Silika juga berperan dalam pembentukan kolagen, yang membantu menjaga elastisitas kulit dan kekuatan jaringan ikat.

Air putih yang kaya akan mineral ini dapat memberikan banyak manfaat kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Oleh karena itu, memastikan asupan air yang cukup setiap hari sangat penting untuk mendukung berbagai fungsi tubuh yang optimal.

Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Minum air putih setelah bangun tidur memiliki berbagai manfaat kesehatan yang didukung oleh pendapat ahli. Berikut lima manfaat tersebut:

Menghidrasi Tubuh

Setelah tidur selama beberapa jam, tubuh kita mengalami dehidrasi. Minum air putih setelah bangun tidur membantu mengembalikan cairan yang hilang dan menghidrasi tubuh dengan baik. Menurut Dr. Roger E. Adams, ahli gizi dan pendiri eatrightfitness.com, “Minum air putih di pagi hari adalah cara yang baik untuk memulai hari dengan memberikan hidrasi yang diperlukan tubuh.”

Meningkatkan Metabolisme

Minum air putih saat perut kosong dapat meningkatkan metabolisme. Studi menunjukkan bahwa minum 500 ml air dapat meningkatkan tingkat metabolisme basal sebanyak 30% dalam 10 menit setelah konsumsi, dan efek ini dapat berlangsung selama 30-40 menit. Dr. Dana Cohen, seorang internis di New York City, mengatakan, “Hidrasi yang cukup di pagi hari dapat membantu mempercepat proses metabolisme tubuh.”

Membantu Proses Detoksifikasi

Air putih berperan dalam membantu organ-organ tubuh, terutama ginjal, dalam proses detoksifikasi. Minum air setelah bangun tidur dapat membantu membersihkan racun yang terakumulasi selama tidur. Dr. Michael F. Roizen, Chief Wellness Officer di Cleveland Clinic, menyatakan, “Minum air putih di pagi hari dapat membantu tubuh dalam proses eliminasi racun yang tidak diperlukan.”

Meningkatkan Fungsi Otak

Dehidrasi ringan saja dapat mempengaruhi fungsi otak, menyebabkan kesulitan berkonsentrasi dan mengingat. Dengan minum air putih setelah bangun tidur, Anda dapat membantu otak berfungsi lebih baik. Dr. Joshua Gowin, seorang ahli saraf di University of California, Los Angeles (UCLA), menyebutkan, “Hidrasi yang baik di pagi hari penting untuk menjaga fungsi kognitif optimal.”

Mendukung Sistem Pencernaan

Minum air putih di pagi hari dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Air membantu melunakkan feses dan mencegah sembelit. Dr. Susan Blum, pendiri dan direktur Blum Center for Health, mengatakan, “Minum air putih segera setelah bangun tidur dapat merangsang gerakan usus dan membantu mencegah sembelit.”

Minum air putih setelah bangun tidur adalah kebiasaan sederhana yang dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan secara keseluruhan. Para ahli kesehatan sepakat bahwa menjaga hidrasi adalah salah satu cara terbaik untuk mendukung fungsi tubuh yang optimal setiap hari. (***/eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...