Kawasan Pesisir Dipasang Jaring untuk Benteng Penahan Sampah

Loading...

Suarasiber.com – Pemasangan jaring penahan sampah di kawasan pesisir Tanjungpinang, sebagai salah satu kegiatan untuk mendukung program kawasan pesisir bersih dan sehat yang dicanangkan Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Hasan, S.Sos, Minggu (12/5/2204) telah sampai ke kawasan pemukiman Pelantar Sulawesi, Potong Lembu.

Selain pemasangan jaring penahan sampah, masyarakat dengan dukungan beberapa OPD sekaligus mengangkut sampah yang tertinggal di pesisir dan kolong-kolong rumah warga.

Menurut Hasan, pemasangan jaring penahan sampah itu akan dilaksanakan secara bertahap ke seluruh kawasan pesisir Tanjungpinang.

Tujuannya, ucap Hasan, agar pengangkutan sampah oleh perahu khusus yang dioperasikan untuk membersihkan sampah di kawasan pesisir menjadi lebih mudah.

“Pemasangan jaring penahan sampah ini tentu tidak serta merta membuat kawasan pesisir bebas dari sampah.

Tapi untuk lebih memudahkan pengangkutan sampah oleh tim yang telah kita bentuk,” jelas Hasan, usai kegiatan di Pelantar Sulawesi, Minggu (12/5/2024).

Program kawasan pesisir bersih dan sehat, lanjut Hasan, akan lebih efektif jika masyarakat membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara tidak membuang sampah ke laut.

Hasan menyadari bahwa, tidak sepenuhnya sampah di kawasan pesisir merupakan sampah rumah tangga masyarakat sekitar. Tapi juga berasal dari sampah yang terbawa arus pasang, hingga sampai ke pemukiman.

“Namun jika masyarakat sudah terbiasa dengan perilaku hidup bersih dan sehat, tentu volume sampah di kawasan pesisir bisa kita tekan serendah mungkin.

Pemasangan jaring penahan sampah akan diteruskan ke seluruh kawasan pesisir. Kita juga akan segera mencari solusi untuk pembuatan tempat pembuangan sementara di kawasan pesisir,” beber Hasan. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...