UKW di Kepulauan Riau, 23 Wartawan Dinyatakan Berkompeten, Sembilan Tak Lulus

Loading...

Suarasiber.com  – Dewan Pers bekerja sama dengan PWI Pusat dan PWI Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Aston Tanjungpinang, Jumat (5/5/2023) sampai Sabtu (6/5/2023). Untuk kelompok lembaga uji PWI, sebanyak 23 wartawan dinyatakan berkompeten.

Ocktap Riady Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Pusat menyampaikan, peserta yang terdaftar untuk mengikuti UKW di lembaga uji PWI di Provinsi Kepulauan Riau ini sebanyak 30 orang. Jumlah itu untuk tingkatan muda, madya dan utama. Dari jumlah tersebut, tiga orang tidak hadir.

“Ada 27 orang peserta yang hadir mengikuti UKW dari hari Jumat sampai Sabtu ini. Dari jumlah itu, 4 orang tidak dinyatakan berkompeten. 23 wartawan yang dinyatakan berkompeten,” sebut Ocktap Riady, pada saat penutupan UKW di Hotel Aston Tanjungpinang, Sabtu (6/5/2023) sore.

Foto – suarasiber/yusfreyendi

Sampai saat ini, lanjut Ocktap Riady, sudah ada 16.423 orang wartawan se-Indonesia yang telah mengikuti dan lulus UKW melalui lembaga uji PWI. Ocktap Riady mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pers atas penyelenggaraan UKW ini.

“Saya berpesan, tingkatkan terus kualitas wartawan di Kepri ini. Terus belajar. Baca, baca, baca. Karena, belajar itu penting. Pedang itu tak diasah, makin tumpul,” tuturnya.

Ocktap Riady menjelaskan, atmosfer pendidikan wartawan itu, nyaris tidak ada. Tapi, wartawan akan bisa meningkatkan kualitas dengan belajar dan membaca. Termasuk bagi wartawan yang sudah dinyatakan berkompeten.

“Bagi yang belum dinyatakan kompeten, itu bukan berarti mati atau enggak lulus. Masih ada kesempatan untuk ikut UKW lagi,” ujar Ocktap Riady.

Selain lembaga uji PWI, uji kompetensi wartawan (UKW) juga dilaksanakan oleh UPN Veteran. Susi Lastuti Nugraha menyebutkan, peserta yang mengikuti UKW melalui UPN Veteran Yogyakarta di Hotel Aston Tanjungpinang ini sebanyak 24 orang, 1 tidak hadir. Dari jumlah peserta yang mengikuti UKW (24), ada 5 orang dinyatakan belum berkompeten.

“19 orang yang berkompeten. Sampai saat ini, ada 700-an alumni (se-Indonesia) yang mengikuti UKW melalui UPN Veteran,” sebut Susi.

Kegiatan UKW yang dilaksanakan PWI dan UPN Veteran di Hotel Aston Tanjungpianng ini ditutup secara resmi oleh Tri Agung Kristanto Anggota Dewan Pers. Pada kesempatan tersebut, Tri Agung Kristanto menuturkan, ada sekitar 1.500 orang wartawan yang akan diuji kompetensinya dari 34 provinsi, pada tahun 2023 ini.

“Yang sudah melaksanakan UKW pada awal ini yaitu di Sumatera Utara, Kepulauan Riau dan Bangka Belitung. Jantung kemerdekaan pers itu, ada pada wartawan. Kualitas wartawan itu ada pada kompetensi atau pendidikannya,” tuturnya.

“Jadi, UKW ini sangat perlu. Apalagi di era sekarang, banyak perusahaan pers yang berdiri. Belum lagi persaingan dengan medsos. Jadi, kompetensi itu sangat perlu. Termasuk wartawan itu mesti memahami Kode Etik Jurnalistik serta Undang Undang (40 tahun 1999) tentang Pers itu,” demikian Tri Agung Kristanto. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...