Ini Tujuan Bawaslu Tanjungpinang Gelar Parade Obor Demokrasi Indonesia

Loading...

Suarasiber.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang ogah bertindak konvensional dalam melaksanakan sosialisasi pengawasan partisipatif menyongsong hajatan Pemilu 2024.

Pada tahun ini, mereka mengedepankan pendekatan kreatif dan inovatif untuk mensosialisasikan pengawasan pemilu yang melibatkan masyarakat luas.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhamad Zaini menilai kini memang diperlukan pendekatan baru untuk bersosialisasi.

“Harapannya dengan begitu semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk terlibat dalam pengawasan kampanye pemilu nanti,” terang Zaini, Jumat (19/5/2023).

Atas dasar itu, Bawaslu Kota Tanjungpinang akan menggelar Parade Obor Demokrasi Indonesia, Sabtu (20/5/2023) sekitar pukul 06.30.

Parade mengarak obor dengan rute dari Mal Pelayanan Publik Tanjungpinang sampai kawasan Tugu Sirih Emas ini akan diikuti oleh simpatisan dari semua partai politik peserta pemilu, mahasiswa serta masyarakat luas.

“Setiba di garis finis, nanti akan ada panggung hiburan. Tidak cuma itu, bahkan ada pula doorprize bagi masyarakat yang beruntung,” terang Zaini.

Lalu bagaimana dengan sosialisasi pengawasan partisipatifnya? Zaini menjelaskan sosialisasi itu tetap berlangsung namun dikemas lewat beragam pertunjukan yang menghibur.

Akan ada pertunjukan pantun kreatif serta talkshow demokratis untuk mengingatkan pentingnya partisipasi masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024 nanti.

“Kalau sosialisasinya dalam format pidato, saya kira masyarakat kita sudah bosan, ya. Itu kenapa kami ingin sesuatu yang baru,” ungkap Zaini.

Kebaruan dalam konsep sosialisasi ini mendapat perhatian, termasuk dari Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, yang dijadwalkan juga akan hadir dalam semarak Parade Obor Demokrasi Indonesia ini.

Zaini berharap kehadiran orang nomor satu di Bawaslu RI itu semakin menambah semarak sosialisasi pengawasan partisipatif di Tanjungpinang.

“Nanti beliau akan juga menyuarakan betapa pentingnya keterlibatan masyarakat demi kesuksesan penyelenggaraan pemilu,” beber Zaini.

Oleh karenanya, Zaini mengajak seluruh elemen masyarakat Tanjungpinang untuk ikut memeriahkan Parade Obor Demokrasi Indonesia.

Selain untuk meningkatkan pemahaman tentang pengawasan partisipatif, kata Zaini, Bawaslu Kota Tanjungpinang telah menyediakan ragam hadiah undian mulai dari sepeda listrik, televisi, ponsel, mesin cuci, dan beragam hadiah hiburan lain.

“Kapan lagi ikut sosialisasi dan berpeluang membawa pulang sepeda listrik, kan,” pungkas Zaini. (***/zaenal)

Editor Yusfreyendi

Loading...