Roby Bantu Peralatan Batik, Rina: Dukungan Pak Bupati Jadi Penyemangat Melatih Diri

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Bintan, Roby Kurniawan menyerahkan peralatan membatik kepada Andi Rinawati, Kamis (6/4/2023).

Andi Rinawati adalah warga Desa Sebong Pereh, Kecamatan Teluk Bintan yang selama ini menekuni profesi sebagai pembatik.

Meski memikiki kekurangan secara fisik, namun Rinda tidak menjadikan alasan untuk dikasihani. Dengan keyakinan dan kerja kerasnya, ia membuktikan diri mampu melakukan pekerjaan layaknya orang yang normal.

Rina senang dan gembira mendapatkan “hadiah” berupa peralatan membatik dari Bupati Bintan, Roby Kurniawan. Foto – diskominfo bintan

Kerja keras dan semangat yang tak pantang menyerah itu juga yang membuat Bupati Bintan, Roby Kurniawan kagum dengan Rina. Pertemuan Roby dan Rina di rumah pembatik ini memang bukan yang pertama.

Roby mengaku kagum dengan Rina saat peringatan Hari Jadi Bintan akhir tahun lalu. Bupati berusia muda ini bahkan menyebut bakat yang dimiliki Rina sebagai bakat mutiara.

Rina praktis mengandalkan kakinya untuk membatik. Langkah membatik dilakukannya dengan kaki. Motif batik Rina memiliki kekhasan, kebanyakan menggambarkan keindahan Bintan.

Bupati Bintan, Roby Kurniawan bersama Andi Rinawati dan ibunya. Foto – diskominfo bintan

Roby berharap, peralatan membatik yang diberikannya ke Rina bisa mendukung keahlian warganya itu.

“Ini salah satu mutiara di Bintan. Kita semakin percaya di balik kekurangan di pandangan mata kita, ada bakat terpendam yang belum tentu kita pun mampu. Semoga dukungan kecil ini bisa memberi manfaat,” kata Roby di rumah orang tua Rina.

Roby berharap bakat yang dimiliki Rina ini bisa menjadi pembangkit semangat semua orang yang merasa belum menemukan bakat dan kemampuannya. Di samping itu Roby juga berharap agar kemampuan ini bisa terus dikembangkan dengan tekun sehingga bisa menjadi salah satu mata air dalam perekonomian keluarga.

Andi Rinawati bersama saudara saudaranya berfoto bersama Bupati Bintan, Roby Kurniawan. Foto – diskominfo bintan

Menggeluti batik bagi Rina bukan sekadar hobi, terbukti sejauh ini kata Roby sudah ada beberapa pihak yang memesannya.

Bupati Bintan meyakini, sesuatu yang kecil tidak menutup kemungkinan akan menjadi sebuah kesuksesan.

“Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi lapangan kerja bagi orang banyak kalau nanti berkembang dan besar,” harapan dan doa Roby.

Rina pun mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Bupati kepadanya. “Terima kasih Pak Bupati. Saya sangat bersyukur dan gembira. Akan saya jadikan dukungan ini sebagai penambah semangat dan akan terus melatih kemampuan,” tuturnya.

Peduli warganya yang memiliki potensi membatik pada dirinya, Bupati Bintan Roby Kurniawan pun datang ke rumah orang tua Andi Rinawati di Desa Sebong Pereh. Foto – diskominfo bintan

Sekadar informasi, kala masih duduk di kelas 2 SMA SLB Negeri Bintan pada 2019 lalu, Rina juga mendapatkan beasiswa khusus dari PT.Bintan Resort Cakrawala (BRC). Ia mendapatkan pelatihan dan pembinaan selama 6 bulan oleh sejumlah ahli di bidang penyandang disabilitas.

Pelatihan diberikan dengan tujuan kemampuan Rina memenuhi standar kualifikasi yang diperlukan dalam dunia kerja. Program ini hanya memberikan kuota 9 orang, dan Rina adalah salah satunya.

Sebelum pulang, Bupati Bintan Roby Kurniawan memberikan semangat kepada Andi Rinawati agar tetap bersemangat membatik. Foto – diskominfo bintan

Kemampuannya membatik pun menjadi hal yang patut disyukurinya. Rina adalah 10 dari 12 bersaudara dari ayah nelayan dan ibu rumah tangga biasa.

Kondisi itulah yang membuatnya memiliki mental kuat dan mandiri untuk mengerjakan sesuatu sendiri. Berkat batik, Rina pun beberapa kali mengikuti event batik di Kota Batam dan Tanjungpinang. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...