Wakil Ketua I DPRD Natuna Sampaikan Pokok Pikiran di Musrenbang Tahun 2023

Loading...

Suarasiber.com – Pemerintah Kabupaten Natuna mengadakan acara Musrenbang Kabupaten Natuna tahun 2023 dengan mengusung tema “peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penguatan tata kelola pemerintahan di dukung dengan akselerasi kualitas sumberdaya manusia”. Acara tersebut digelar di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Ranai pada Kamis (16/3).

Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Boy Wijanarko ketika membuka secara resmi Musrenbang Kabupaten Natuna tahun 2023 menyampaikan, Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Natuna mulai bangkit kembali setelah mengalami perlambatan 2 tahun terakhir ini dikarenakandampak covid 19 yang merata ada diseluruh dunia.

Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Natuna pada tahun 2022 sebesar 2,80 persen, naik dari tahun 2021 yang hanya 0,12 persen dan tahun 2020 terkontraksi minus 2,93 persen. Angka pengangguran Natuna tahun 2022 juga telah turun di angka 4,15 persen dari sebelumnya 5,15 persen pada tahun 2021.

”Namun perlu diwaspadai bahwa angka kemiskinan justru meningkat pada tahun 2022 menjadi 5,32 persen dari sebelumnya 4,95 persen tahun 2021,” ungkap Boy.

Lebih lanjut, Boy juga memaparkan, estimasi pendapatan Tahun Anggaran 2024 adalah sebesar Rp1.194.790.8150.000.

Ia juga mengingatkan, bahwa Arah Kebijakan Pembangunan Kabupaten Natuna Tahun 2024 difokuskan pada upaya ”Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Penguatan Tata Kelola Pemerintahan didukung dengan akselerasi kualitas Sumber Daya Manusia” Dalam rangka mewujudkan Visi Pemerintah Kabupaten Natuna tahun 2021-2026 yakni, Kabupaten Natuna Sebagai Kabupaten Maritim Yang Unggul, Eksotis, Aman Dengan Kemandirian Ekonomi Berlandaskan Nilai Religius dan Kurtural.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah dalam pidatonya menyampaikan sebagaimana diketahui bersama bahwa perencanaan pembangunan merupakan salah satu unsur penting dari penyelenggaraan pemerintah yang harus betul-betul mendapat perhatian.

Karena keberhasilan suatu tujuan tergantung kepada baik tidaknya perencanaan yang dibuat ,bahkan ada Pendapat yang menyatakan bahwa perencanaan merupakan setengah dari keberhasilan suatu tujuan.

“Sehubungan dangan hal tersebut maka dalam rangka melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan kita harus membuat perencanaan yang matang sehingga sasaran yang diharapkan dapat tercapai dengan baik,” ucapnya.

Ganda menambahkan, Musrenbang Kabupaten adalah perwujudan dan pendekatan partisipatif melalui forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas daerah yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan Kecamatan yang diintegrasikan dengan Prioritas pembangunan daerah di wilayah kabupaten.

Di akhir sambutannya ia berharap, melalui musrenbang ini dapat menghasilkan kesepakatan dan kesepahaman dalam menyusun daftar skala prioritas pembangunan untuk dijadikan bahan masukan bagi perencanaan pembangunan daerah kabupaten Natuna. (Zulrifansyah)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...