Rektor UMRAH Sampaikan Capaian di Era Tatanan Baru Saat Wisuda Sarjana dan Pasca Sarjana

Loading...

Suarasiber.com – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mewisuda 609 lulusannya. Prosesi Wisuda Program Sarjana ke XX dan Program Pasca Sarjana ke II itu dirangkum dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Maritim Raja Ali Haji. Diselenggarakan di Balairung Wan Seri Beni, Dompak. Sabtu (18/3/2023).

Sidang terbuka senat dengan agenda wisuda itu mengususng tema “Mencetak generasi emas maritim yang beradab, inovatif, kreatif, serta mandiri yang adaptif dengan tantangan zaman” secara resmi dibuka oleh Ketua Senat UMRAH, Akhirman, S.Sos, MM.

Hadir untuk mewisuda para lulusan, Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA. Pada kesempatan itu Rektor turut menyampaikan Pidato Wisuda dihadapan para Wisudawan, Senat, dan tamu undangan.

Dalam Pidatonya Rektor mengawali dengan menyampaikan capian-capaian yang telah UMRAH raih di tahun 2022 baik itu capaian akademik maupun non akademik.

Atas nama civitas akademika Rektor Agung mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya di UMRAH baik jenjang sarjana maupun pasca sarjana.

“Pada hari ini, saudara resmi mendapatkan gelar akademik sesuai dengan jenjang program studi yang saudara pelajari. Gelar akademik merupakan wujud dari kesuksesan saudara dalam mengatasi berbagai proses rintangan dalam proses pembelajaran. Dibalik kesuksesan saudara meraih gelar tersebut, tentunya tidak terlepas dari dukungan orang-orang terkasih dan tercinta. Melalui momentum ini, Saya mengucapkan terimakasih dan selamat kepada orang yang terkasih dan tercinta yang telah mengantarkan saudara dalam mencapai satu tahap keberhasilan dalam perjalanan akademik saudara,” Ucap Rektor dalam Pidato Wisudanya.

Rektor Agung turut menjelaskan tema wisuda yang diusung kali ini, menurut Guru Besar Pertama di UMRAH itu tema yang diusung memiliki kaitan dengan UMRAH di era tatanan baru, semakin terus memantapkan jati dirinya sebagai institusi Pendidikan tinggi berkualitas dengan visi-nya “menjadi pusat kecemerlangan Pendidikan tinggi, riset, mari-sociopreneurship dan tamadun maritim di ASEAN” yang in-line dengan stategic goal UMRAH yaitu “menjadi universitas bereputasi menghasilkan SDM unggul sains dan keteknikan, sosial humaniora dan budaya di bidang kemaritiman”.

Dirinya turut membeberkan Bukti nyata UMRAH adaptif dengan tantangan zaman, menurutnya pada periode tahun akademik 2023/2024 ini, UMRAH melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis Maritim (FEBM) telah membuka program studi baru, yaitu Bisnis Digital, yang sangat in-line dengan perkembangan era industry 4.0. “Pada tahun ini juga FKIP membuka prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG), untuk mengakomodir peningkatan kualitas guru di Provinsi Kepulauan Riau.” Ucap Rektor.

Pada pidatonya itu Prof. Agung Dhamar Syakti mengungkapkan bahwa investasi terbaik adalah pada human capital. Namun dirinya tidak memungkiri bahwa peran teknologi turut serta memberikan kontribusi disetiap proses interaksi, terlebih pada era industry 4,0.

“Kecanggihan teknologi adalah sarana pendukung untuk kemajuan dan penggerak UMRAH, agar maju lebih cepat, beyond the vision. Technological capability oleh human resources menjadi pilihan sulit untuk memutuskan investasi pada teknologi human resources development. Dari sisi institusi, UMRAH menganggap era industry 4.0 harus in-line dengan reformasi kurikulum program studi. Era industry 4.0 harus menjadi teman yang mengiringi dalam pengembangan institusi UMRAH,” terang Rektor, dilansir dari umrah.ac.id.

“Seiring dengan investasi human capital dalam menunjang Visi Dynamic Career-SATU GURINDAM periode tahun akademik 2020-2022, ada 45 dosen yang mengikuti tugas belajar S3; 40 di dalam negeri, dan 5 dosen menempuh Pendidikan S3 di Luar Negeri, dan 8 diantaranya 14 Dosen menerima Beasiswa GURINDAM,” tambahnya

Turut disampaikan olehnya dalam hal capaian Visi Research capacity strengthening bahwa UMRAH telah menghasilkan 162 publikasi Internasional, 711 publikasi nasional SINTA, 8.845 publikasi google scholar, 22 terdaftar (1 granted) HAKI-Patent, dan 130 karya granted HAKI-Hak cipta.

“Demikian pula halnya dengan visi Innovation ecosystem, UMRAH telah menjalin Kerja sama dengan mitra Internasional (Aix Marseille Universite, Republic Polytechnic of Singapore, Meritus University, The University of Adelaide, University of Rhode Island, 9 Universitas Di Corsica Pasquale Paoli, the University of Queensland, University of Melbourne, UNHCR dan P.O.D.G. Developpement) dan keterlibatan UMRAH dalam Konsorsium Internasional, misalnya imt-gt uninet, French Indonesian Consortium for Engineering and Management (FICEM),” terang Prof. Agung.

Hadir juga pada Sidang terbuka itu Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, SE, MM., Orator ilmiah Kepala Perwakilan SKK MIGAS Wilayah SUMBAGUT, Rikky Rahmat Firdaus, pejabat Forkopimda serta tamu undangan lainnya. (***)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...