Rapat Bersama Forkopimda, Gubernur Ansar Tekankan 3 Hal Penting, Apa Saja?

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menekankan tiga hal saat menggelar rapat koordinasi bersama pejabat Forkopimda Kepri.

Rapat dilaksanakan di Gedung Daerah, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Senin (13/3/2023).

Adapun tiga hal yang ditekankan oleh Gubernur Kepri ialah stunting, kemiskinan dan ketersediaan sembako jelang Ramadan 1444 Hijriyah tahun 2023.

Rapat koordinasi kali ini merupakan evaluasi capaian program yang dibahas pada rapat koordinasi sebelumnya pada 22 Desember 2022 di Kota Tanjungpinang.

Adapun bentuk perhatian bersama terhadap gambaran dari Rakor Forkopimda Provinsi Kepulauan Riau terkait setiap peran dalam persiapan menyambut Ramadan.

Diantaranya pengamanan Ramadan dan Idul Fitri tahun 2023, Kesiapan dan Ketersediaan Sarana dan Prasarana Transportasi, Mitigasi Kebencanaan Pemprov dalam Mengantisipasi/Menghadapi Bulan Suci, dan Ketersediaan dan Kelancaran Distribusi Sembako Menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2023.

Sedangkan untuk Rapat Koordinasi Kabupaten/ Kota se- Provinsi Kepulauan Riau dan menjadi bentuk perhatian bersama, terkait Sinkronisasi NIK dengan NPWP, Kondisi Pertumbuhan Ekonomi Kepulauan Riau dan Kabupaten/Kota, Stunting serta Kemiskinan.

Menjelang Ramadan dan Idul Fitri, Gubernur mengajak kepolisian bekerja sama menjaga kamtibmas.

Hal lain yang juga menjadi pembahasan menarik di rapat ialah sinkronisasi NIK dengan NPWP.

“Untuk konversi NIK jadi NPWP, Kabupaten/Kota tolong dibahas dan dikomunikasikan dengan kantor KPP terdekat. Kemudian dari laporan BPS angka pertumbuhan kita cukup bagus namun kita juga menjaga inflasi tetap rendah agar tidak menggerus daya beli masyakarat. Kemudian untuk QRIS kita juga dorong Kabupaten/Kota untuk menerapkan pembayaran secara non-tunai jika bertransaksi dengan pemerintah. Langkah-langkah ini perlu kita lakukan segera untuk kemudian kita evaluasi kembali pelaksanaannya pada rakor selanjutnya,” pesan Gubernur.

Pejabat yang menghadiri rapat diantaranya Bupati Lingga M. Nizar, Widyaiswara Ahli Utama Lamidi, Tim Percepatan Pembangunan Syarafuddin Aluan dan Suyono, Kepala Perwakilan BI Kepri Suryono, Kepala BPS Kepri Darwis Sitorus, Kepala Kanwil DJP Kepri Cucu Supriatna. (***)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...