Pemkot Tanjungpinang Bakal Buat Kolam Atasi Banjir di Simpang Bandara Lama

Loading...

Suarasiber.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang bakal membangun sebuah polder atau semacam kolam retensi di wilayah Jalan Nusantara, Batu 12.

Pembangunan polder ini untuk mencegah terjadinya banjir yang selama ini mengganggu perjalanan warga rute Tanjungpinang – Kijang dan sebaliknya setiap kali hujan turun.

Hal ini disampaikan kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Rusli. Tujuannya agar wilayah sekitar tidak terendam banjir seperti kejadian-kejadian sebelumnya.

“Pembangunan polder ini sudah lama direncanakan oleh Wali Kota, bahkan Detail Engineering Design (DED) pun sudah ada di PUPR”, ungkap Rusli, dilansir dari website Pemkot Tanjungpinang.

Lanjut Rusli, lahan untuk pembuatan polder juga sudah dibebaskan oleh Pemko Tanjungpinang pada beberapa waktu lalu.

“Lahan yang dibebaskan awalnya untuk pembangunan salah satu sekolah negeri, namun karena masalah banjir ini lebih darurat maka lahan tersebut diperuntukkan untuk pembuatan polder”, sebutnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Teguh Susanto menambahkan, bahwa musibah belakangan ini karena cuaca yang sangat ekstrem melanda Kota Tanjungpinang.

Sehingga dalam sepekan ini, banyak menyebabkan banjir dan tanah longsor di Kota Tanjungpinang. Menurut Teguh, tidak ada kaitan musibah dengan kegiatan pemerintah.

“Tidak ada hubungan antara musibah banjir dengan kegiatan seremonial pemerintah. Ini musibah yang kita semua tidak mengharapkannya,” tukasnya. (***/syaiful)

Editor Ady Indra P

Loading...