Pembinaan Potensi Jadi Solusi Atasi Kekurangan Personel Basarnas

Loading...

Suarasiber.com – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi mengunjungi Basarnas Tanjungpinang, Selasa (14/3/2023).

Dalam keterangannya saat memberikan sambutan, Henri mengatakan Basarnas Tanjungpinang sudah memiliki peralatan lengkap meski jumlahnya masih kurang. Selain itu ia juga menyebut Basarnas Tanjungpinang masih kekurangan personel.

Namun ia menegaskan hal tersebut bisa diatasi. “Kita membina potensi -potensi SAR, baik Pramuka, Organisasi Masyarakat dan juga relawan,” ujarnya.

Bila terjadi kondisi kedaulatan, Basarnas bisa bekerja sama dengan TNI dan juga Polri.

“Kalau personel Basarnas itu tugas dan tanggung jawab Menteri PAN RB dan birokrasi. Kita juga mengajukan penambahan tetapi tidak ada kuota untuk ASN Basarnas,” tambah Hanri.

Diingatkannya, Basarnas tidak hanya menanggulangi bencana, tugas Basarnas adalah menyelamatkan jiwa, kondisi membahayakan manusia, termasuk menangani kecelakaan kapal dan kecelakaan udara.

Selama masyarakat membutuhkan bantuan, Basarnas akan berangkat memberikan pertolongan. “Selama masyarakat yang meminta bantuan pencarian dan penyelamatan Basarnas tampil di depan,” tegas Henri.

Kunjungan Kabasarnas didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Basarnas Santi Henri Alfiandi, disambut Kepala Basarnas Tanjungpinang Slamet Riyadi beserta staf dan juga Dharmawanita. (syaiful)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...