Menhub Budi Karya Jelaskan Alasan Cuti Bersama Lebaran Dimajukan di 19 April + 1 Hari

Loading...

Suarasiber.com – Cuti bersama Lebaran dimajukan dua hari menjadi mulai 19 April 2023. Sebelumnya, SKB 3 menteri menetapkannya dari tanggal 21 sampai tanggal 26 April 2023.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menjelaskan, dimajukannya cuti bersama mengacu data pergerakan masyarakat yang mudik ke kampung halaman.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai akan ada tumpukan mudik Lebaran pada 21 April. Dengan memajukan cuti bersama, maka masyarakat bisa mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan di jalan.

Menurutnya, keinginan masyarakat untuk mudik tahun ini tinggi sekali. Volume terbanyak pada 21 April, dengan demikian terjadi penumpukan yang luar biasa sehingga dengan dimajukan itu pemudik bisa mulai dari tanggal 18 sore, 19, 20, 21.

Ada empat hari mereka mudik, kata Budi Karya di Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Dimajukannya cuti bersama ini sdudah dibawa ke rapat terbatas persiapan mudik Lebaran di Istana Presiden. Kementerian Perhubungan dan Polri yang mengusulkan dimajukannya tanggal cuti bersama.

Presiden, sebut Budi, sudah menyetujuinya. Selanjutnya akan dikirimkan surat kepada Presiden termasuk 3 menteri yang meneken SKB. (***)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...